Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Mengenal Komunitas Traditional Games Return Ambassador Jatim (1)

27 Januari 2019, 01: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

EMBAN TUGAS: Dari kiri, Nilla Shilvia Nur Awali, Muhammad Syaikhu Alam, dan Naharani Ikromah, anggota TGR Ambassador Jatim.

EMBAN TUGAS: Dari kiri, Nilla Shilvia Nur Awali, Muhammad Syaikhu Alam, dan Naharani Ikromah, anggota TGR Ambassador Jatim. (MUHAMMAD SYAIKHU ALAM FOR RATU)

Tiga remaja, yakni Nilla Shilvia Nur Awali, Muhammad Syaikhu Alam, dan Naharani Ikromah, menjadi anggota Traditional Games Return (TGR) Ambassador Jawa Timur (Jatim). Mereka bertugas mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di Kota Marmer.

SITI NURUL LAILIL MA’RIFAH

Perkembangan teknologi membuat berbagai jenis permainan tradisional mulai tersingkirkan. Contohnya betengan, gobak sodor, dakon kayu, lompat tali, dan lainnya.

Kondisi tersebut membuat Mohammad Syaikhu Alam, Naharani Ikromah, dan Nilla Shilvia Nur Awali, merasa prihatin. Mereka pun tertarik menjadi bagian dari komunitas TGR yang didukung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan Pemprov Jatim. Tujuannya, agar anak dapat hak untuk bermain dan memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif dan kreatif. “Selain itu, untuk melestarikan dan mengembalikan permainan tradisional,” ucap Nilla Shilvia Nur Awali.

Untuk bisa bergabung di komunitas TGR, terlebih dulu ikut seleksi. Sebab, anggota TGR setiap kabupaten harus jalankan tugas dengan sungguh-sungguh. “Di Tulungagung hanya ada tiga anggota TGR,” tandasnya.

Mereka terpilih setelah melalui beberapa tahap. Di antaranya tes tulis dan wawancara. “Saya kebetulan anggota Dewan Perwakilan Anak (DPA) Tulungagung sehingga teman-teman optimistis bisa mengembalikan popularitas permainan tradisional ke anak-anak,” kata warga Desa/Kecamatan Ngunut ini.

(rt/lai/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia