Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Capar Tape Makanan Sepinggan Berasa Asam, Manis, dan Pedas

28 Januari 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LEZAT: Makanan capar tape ini enak disantap bareng-bareng.

LEZAT: Makanan capar tape ini enak disantap bareng-bareng. (SITI NURUL LAILIL MA’RIFAH/RATU)

Tape singkong adalah makanan yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Khususnya bagi kita yang tinggal di daerah Tulungagung. Bahkan, makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi ini sangat mudah dijumpai, mengingat pembuatannya cukup mudah.

Makanan terbuat dari singkong yang difermentasi ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya pun lembut sehingga banyak yang menyukainya. Banyak pula yang menciptakan aneka variasi panganan dari tape. Salah satunya capar tape.

Ya, capar tape cukup terkenal karena salah satu makanan sepinggan asal Tulungagung. "Apa itu makanan sepinggan? Makanan sepinggan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan one-dish meal merupakan suatu istilah yang diberikan untuk hidangan dengan sumber karbohidrat (terdapat pada tape) serta sumber protein (terdapat pada kacang tanah yang termasuk salah satu sumber protein nabati), dan sumber vitamin (sayuran) terdapat dalam satu piring," jelas Hanifa Ida Siama, salah seorang pemilik catering dan cake.

Capar tape ini memiliki rasa asam manis dari tape yang dipadukan dengan bumbu kacang pedas manis dan kecambah rebus sebagai pelengkap sayurnya.

Hanifa menambahkan, capar tape biasa disebut juga tape pecel. Umumnya sambal kacang yang digunakan adalah pecel. Meskipun hidangan tersebut termasuk hidangan yang sangat sederhana, jangan salah, hidangan tersebut memiliki rasa luar biasa saat dimakan. Sebab, rasa khas tape yang bertemu dengan bumbu kacang seolah menggoyang lidah para penikmatnya.

"Rasanya ya enak. Asam, manis, dan pedas," tambahnya

Pembuatannya pun cukup mudah. Lanjut Hanifa, siapkan tape yang sudah difermentasi dan bumbu kacang atau sambal pecel, kecambah rebus, kemudian susun di atas piring saji untuk mempercantik penampilannya ketika dihidangkan. "Hidangan ini cocok dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga," katanya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia