Jumat, 26 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Legit, Gurih, dan Meleleh saat Disantap

04 Februari 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MANIS: Hujan deras ditemani secangkir kopi dan klappertaart.

MANIS: Hujan deras ditemani secangkir kopi dan klappertaart. (SITI NURUL LAILIL M, AMINATUZ ZUHRIAH/RATU)

Apa yang paling enak dilakukan saat di luar sedang turun hujan dan cuaca dingin? Apalagi kalau bukan ngemil camilan yang memiliki rasa legit dan gurih. Misalnya klappertaart.

Ya, klappertaart ini sangat cocok jadi camilan ketika musim hujan seperti ini. Bahkan, juga bisa dimakan sambil menonton televisi atau membaca buku. Makanan khas Manado, Sulawesi Utara, ini memiliki tekstur lembut, rasa manis legit dan gurih yang khas membuat penikmatnya ketagihan. “Ada dua cara menikmati klappertaart. Bisa disajikan ketika masih hangat atau dingin dari kulkas. Sesuai selera,” kata Aminatuz Zuhriah, pemilik Nat’z Kitchen.

Aroma klappertaart memang menggugah selera. Pasalnya, kue ini bahan dasarnya adalah kelapa yang diolah dengan terigu, susu, telur, dan mentega. Sehingga memiliki kalori tinggi. Tak ayal, camilan tersebut sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa.

“Nah, ini juga sangat cocok dinikmati bareng teman-teman, keluarga, maupun pasangan,” katanya

Klappertaart ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dalam bahasa Belanda, klappertaart memiliki arti kue kelapa. Uniknya, klappertaart ini bisa dimasak dengan dipanggang atau dikukus. Namun yang populer adalah klappertaart panggang. Lantas menghasilkan tekstur sangat lembut dan langsung meleleh saat disantap. “Pemilihan bahan juga berpengaruh pada rasa. Kalau saya, memilih bahan yang berkualitas,” jelas warga Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung ini.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia