Senin, 27 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Target Pendapatan Sektor Pariwisata Naik 5 Persen

04 Februari 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MAGNET WISATAWAN: Kawasan wisata MBK yang kini disulap semakin nyaman dan menarik untuk wisatawan.

MAGNET WISATAWAN: Kawasan wisata MBK yang kini disulap semakin nyaman dan menarik untuk wisatawan. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar menargetkan pendapatan daerah di sektor pariwisata terus naik. Tahun ini dinas menargetkan pendapatan naik sekitar lima persen.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Kawasan Wisata Disparbud Kota Blitar Heru Santoso mengatakan, pendapatan sektor pariwisata setiap tahun mengalami peningkatan. Dinas menargetkan peningkatan pendapatan sektor pariwisata naik sekitar lima persen. "Setiap tahun pendapatannya terus naik," ujarnya.

Tahun lalu atau 2018, jelas dia, pendapatan daerah di sektor pariwisata mencapai Rp 1,2 miliar. Angka itu naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Tahun ini target kami naik sekitar lima persen. Kami berupaya mengoptimalkan pemasukan mulai dari retribusi parkir, sewa lahan, retribusi pengunjung, dan sebagainya di kawasan wisata," terang pria berkumis tebal ini.

Menurutnya, pendapatan dari sektor pariwisata itu tidak bisa ditentukan. Itu tergantung dari jumlah pengunjung. Apakah tahun ini jumlah pengunjung naik dibanding tahun lalu atau tidak. Di samping itu, juga melihat situasi dan kondisi negara ataupun sejumlah daerah lainnya. "Misalnya jika ada suatu bencana besar di suatu daerah, itu juga bisa berpengaruh. Pengunjung menurun, pendapatan juga berpengaruh," jelas Heru.

Karena itu, upaya untuk menggenjot pendapatan terus dilakukan. Salah satunya pengembangan sejumlah fasilitas pariwisata di Kota Blitar. Seperti tahun ini, dinas berencana membangun halte becak dan pos pelayanan wisatawan di kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK). Selain itu, di wisata Istana Gebang juga telah dibangun lahan parkir luas dan fasilitas toilet umum bagi wisatawan.

(rt/kan/yan/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia