Sabtu, 23 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Calon Penumpang Selalu Membeludak, KA Singosari Ditambah Dua Gerbong

05 Februari 2019, 13: 26: 56 WIB | editor : Didin Cahya FS

SABAR : Calon penumpang saat antre di Stasiun Blitar untuk dapat tiket, Selasa (5/2).

SABAR : Calon penumpang saat antre di Stasiun Blitar untuk dapat tiket, Selasa (5/2). (M SUBCHAN/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Animo penumpang kereta api (KA) jarak jauh untuk tujuan Blitar-Jakarta maupun sebaliknya tinggi. Khususnya bagi penumpang eksekutif pelanggan KA Singasari tujuan Blitar-Pasar Senen (Jakarta).

Hal itu berdampak pada membeludaknya penumpang eksekutif yang ingin naik KA Singasari. Tak sedikit calon penumpang kelas eksekutif KA Singasari yang kehabisan tiket tempat duduk. 

PT KAI pun akhirnya berencana menambah dua rangkaian atau gerbong kelas eksekutif untuk KA Singasari mulai Rabu (6/2) atau besok. "Sebelumnya KA Singasari hanya ada satu rangkaian kelas eksekutif dan delapan rangkaian ekonomi," kata Manajer Humas Daops 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko, Selasa (5/2). 

Dia mengatakan, ditambahnya dua rangkaian kelas eksekutif KA Singasari itu karena animo penumpang yang tinggi. Banyak penumpang baik kelas ekonomi maupun kelas eksekutif KA Singasari mengaku nyaman. "Setelah kami evaluasi okupansi KA Singasari cukup bagus, untuk kelas eksekutif selalu diatas 90 persen keberangkatan dari Daop 7 Madiun," ungkap pria ramah ini. 

Ixfan mengatakan, sebelumnya KA Singasari terdiri dari 9 gerbong penumpang. Delapan di antaranya gerbong kelas ekonomi dan satu kelas eksekutif. Nah, karena ada tambahan dua gerbong kelas eksekutif mulai besok, maka KA Singasari berubah rangkaian. "Untuk kelas eksekutif ada tiga gerbong sedangkan yang kelas ekonomi jadi enam gerbong. Jadi rangkaian tetap sembilan gerbong," terang pria ramah ini.

Lebih lanjut, sembilan gerbong itu total ada 598 tempat duduk. Perinciannya, kelas ekskutif ada sebanyak 150 kursi dan kelas ekonomi ada 448 seat. Jumlah kursi itu saat ini menurun jika dibandingkan dengan rangkaian sebelumnya, yakni 658 kursi. 

Sebab, menurut Ixfan, KA Singasari sebelumnya lebih banyak gerbong kelas ekonominya. Sedangkan animo calon penumpang KA Singasari kelas eksekutif terus meningkat sejak September 2018 sampai masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. 

Berdasarkan pengamatannya, jumlah penumpang rata-rata KA 155 (Singasari) relasi Blitar ke Pasarsenen untuk kelas eksekutif sebanyak 63 penumpang per hari. Sedangkan kelas ekonomi sebanyak 715 penumpang. "Sebaliknya, KA 156 (singasar) relasi Pasar Senen ke Blitar untuk kelas eksekutif sebanyak 63 penumpang dan kelas ekonomi sebanyak 693," tandasnya.

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia