Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Kekurangan Vitamin A, Rawan Terserang Infeksi

07 Februari 2019, 14: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

IMUNISASI: Salah seorang balita ketika mendapat vitamin A Rabu (6/2).

IMUNISASI: Salah seorang balita ketika mendapat vitamin A Rabu (6/2). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Seperti yang telah diberitakan sebelumnya terkait pembagian suplemen vitamin A yang penting bagi kinerja organ tubuh. Kepala Puskesmas Ngantru Suwanto mengungkapkan, jika anak kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko rentan terkena penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), campak, dan diare. Tak hanya itu, kekurangan vitamin A juga dapat menghambat pertumbuhan anak dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata. “Itu alasan mengapa pemberian vitamin A menjadi penting. Jika anak kekurangan vitamin A, maka risiko gangguan kesehatan juga tinggi,” tandasnya.

Tak hanya mendapat vitamin A, di bulan Februari yang juga merupakan bulan timbang, dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan anak. Tujuannya, untuk memastikan perkembangan anak sesuai dengan usianya.  

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Anna Sapti Saripah membenarkan jika Februari merupakan bulan timbang dan vitamin A. “Februari bulan pemberian vitamin A. Jadi orang tua sebaiknya tidak ragu membawa anak-anak ke puskesmas terdekat untuk mendapat vitamin A secara gratis,” pungkasnya. 

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia