Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Cerita Sulitnya Menemukan Nisan Makam Menak Sopal(3 Habis)

08 Februari 2019, 23: 59: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BELUM TERKUAK: TACB dari Provinsi Jatim ketika mencari data untuk menguak hilangnya batu nisan di makam Menak Sopal.

BELUM TERKUAK: TACB dari Provinsi Jatim ketika mencari data untuk menguak hilangnya batu nisan di makam Menak Sopal. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

Beberapa Minggu (20/1) lalu, sebagian masyarakat Kota Keripik Tempe khususnya para pecinta benda cagar budaya dibuat tercengang akan hilangnya dua buah batu nisan di wilayah makam Ki Ageng Menak Sopal. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan pihak terkait dalam upaya mencari keberadaan benda cagar budaya tersebut. Salah satunya, mendatangkan ahli cagar budaya.

ZAKI JAZAI

Terkait dugaan untuk apa benda tersebut hingga dicuri, wanita yang menjabat sebagai Kabid Cagar Budaya dan Sejarah, Disbudpar Provinsi Jatim ini tidak bisa menjawab. Jika dinilai dari segi rupiah, pasti tidak ada harganya. Namun itu akan berbeda dari segi kepercayaan. Mengingat ada sekelompok masyarakat yang masih mempercayai roh leluhur memiliki kekuatan tertentu. “Justru yang menjadi masalah terkait pelestarian benda cagar budaya ini bukan dari segi harganya, tapi bahaya yang lain. Sebab dalam tanda kutip jika tidak bisa disikapi, kepercayaan masyarakat bisa berubah seperti zaman nenek moyang dulu,” tuturnya.

Terkait sosok Menak Sopal ini, yang perlu diperhatikan masyarakat bukan mendewa-dewakannya, tapi usahanya dalam membendung sungai untuk perairan sawah. Sehingga masyarakat setempat yang notabene hidup sebagai petani, bisa makmur. ”Jadi bukan sosoknya, tapi idenya dalam membuat saluran pengairan sawah. Sedangkan terkait upaya pencarian batu nisan itu, kami akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar semua paham tentang pentingnya menjaga benda cagar budaya sehingga barang itu segera ketemu,” jelas Endang. 

(rt/did/zak/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia