Kamis, 27 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Pengalaman Mahasiswa dari Luar Negeri Menginap di Sine (1)

09 Februari 2019, 01: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2).

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

Mendatangi tempat terpencil menjadi sebuah kesempatan untuk mengenal kondisi sosial masyarakat setempat. Tak terkecuali beberapa mahasiswa asing asal Universitas Airlangga dan University of Malaya. Selama enam hari, mereka harus menginap di rumah warga sekitar Pantai Sine dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN).

DHARAKA R. PERDANA

Panas terik di sekitar Pantai Sine Kamis (7/2) sedikit berkurang. Bukan karena hujan mau turun, tetapi angin laut yang berembus kencang memberi kesejukan sendiri. Kendati demikian, beberapa nelayan memilih untuk berteduh di kerindangan pohon sembari menunggu rekan nelayan lain untuk melaksanakan jaring tarik.

Namun, hal itu tidak mengurangi semangat belasan mahasiswa yang hari itu sedang melaksanakan kegiatan kampus. Di antara mereka yang asli warga negara Indonesia, ada juga yang berasal dari Malaysia, Pakistan, Myanmar, maupun Brunei Darussalam. Mereka pun berkesempatan untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat setempat.

Seperti yang diungkapkan Muhammad Daniel bin Muhammad Rasyid, mahasiswa asal University of Malaya.

Menurut dia, jika dilihat secara saksama, tidak ada perbedaan berarti dengan kondisi cuaca di Malaysia. Dia pun tidak merasa begitu kaget. “Saya sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini. Namun tetap saja, ini pengalaman pertama,” katanya.

(rt/rak/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia