Selasa, 12 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Pengalaman Mahasiswa dari Luar Negeri Menginap di Sine (2)

09 Februari 2019, 02: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2).

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

Mendatangi tempat terpencil menjadi sebuah kesempatan untuk mengenal kondisi sosial masyarakat setempat. Tak terkecuali beberapa mahasiswa asing asal Universitas Airlangga dan University of Malaya. Selama enam hari, mereka harus menginap di rumah warga sekitar Pantai Sine dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN).

DHARAKA R. PERDANA

Pemuda asal Selangor ini menambahkan, salah satu yang begitu berkesan di benaknya adalah keramahtamahan warga Sine. Setiap melangkah di jalan desa, selalu disapa warga. Dia pun menganggap seluruh warga memiliki kebiasaan yang sama. “Saya jadi belajar bahasa Jawa,” jelasnya.

Pemuda 22 tahun ini mengakui, sebelum ke Tulungagung, dia sebenarnya sering mendengar beberapa kata dalam bahasa Jawa. Alasannya, di Selangor sana ada kampung Jawa yang selalu menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi sehari-hari. Namun, apa yang dituturkan masyarakat Sine dianggapnya lebih murni. “Siji, loro, telu, dan lain-lain. Ya, sedikit banyak jadi belajar bahasa Jawa di sini,” ujarnya lantas terkekeh.

Mungkin di Tulungagung pula, dia mengenal yang namanya ayam geprek yang kondang pedasnya. Tetapi dia hanya berani makan level 1 yang bagi semua orang belum bisa dikatakan pedas. “Kalau cabainya banyak, tak beranilah, takut perut mulas,” tuturnya.

(rt/rak/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia