Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Pengalaman Mahasiswa dari Luar Negeri Menginap di Sine (3 Habis)

09 Februari 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2).

CARI PENGALAMAN: Sejumlah mahasiswa luar negeri saat berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kamis (7/2). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

Mendatangi tempat terpencil menjadi sebuah kesempatan untuk mengenal kondisi sosial masyarakat setempat. Tak terkecuali beberapa mahasiswa asing asal Universitas Airlangga dan University of Malaya. Selama enam hari, mereka harus menginap di rumah warga sekitar Pantai Sine dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN).

DHARAKA R. PERDANA

Hal senada diungkapkan Muhammad Saud, mahasiswa Unair asal Pakistan. Menurut dia, salah satu hal yang berkesan memang berupa pemandangan dan makanan yang disajikan tuan rumah. Bagi dia, Pantai Sine menawarkan pemandangan indah, khususnya adanya sunrise pada pagi dan pepohonan hijau yang memagari Teluk Sine. “Wah, kalau urusan makanan harus berhati-hati. Bukannya tidak enak, tetapi tak terbiasa makan yang pedas-pedas. Apalagi yang namanya lodho memang cukup pedas,” ungkapnya lantas tertawa.

Kendati demikian, pemuda asal Punjab, Pakistan ini mengaku terkesan dengan sikap warga setempat yang ramah-ramah. Bahkan sejak pagi hingga malam, mereka selalu disambut dengan senyuman dan sapaan khas masyarakat desa. “Kalau ada kesempatan, mau saja berkunjung ke sini lagi,” imbuhnya.

Pernyataan yang kurang lebih sama dilontarkan Khun Nay Win Tun, mahasiswa Unair asal Myanmar.

Menurut dia, pemandangan di Sine memang bagus dengan panorama lautnya. Namun untuk makanan, dia juga tidak terbiasa dengan yang pedas. Bahkan saat ditanya apakah tahu yang namanya lodho, seketika dia memperagakan ekspresi perut mulas. “Saya tahu lodho ayam kampung, tapi tak berani makan banyak,” ujarnya.

(rt/rak/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia