Kamis, 27 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Ditinggal Pergi, Rumah Terbakar

11 Februari 2019, 15: 04: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MASIH DISELIDIKI: Kondisi rumah di Desa Slawe, Kecamatan Watulimo, yang hangus akibat dilalap si jago merah.

MASIH DISELIDIKI: Kondisi rumah di Desa Slawe, Kecamatan Watulimo, yang hangus akibat dilalap si jago merah. (Polsek Watulimo for Radar Trenggalek)

TRENGGALEK - Momen pilkades serentak di Bumi Menak Sopal sepertinya bakal tidak terlupakan bagi keluarga Purnanto, warga Desa Slawe, Kecamatan Watulimo. Pasalnya, ketika ditinggal pergi, rumahnya dilalap si jago merah. Kendati tidak mengakibatkan korban jiwa, diprediksi kerugian yang dialami korban mencapai lebih dari Rp 15 juta karena seluruh bangunannya habis.

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek, kejadian tersebut diketahui sekitar pukul 10.20 Wib, Sabtu (9/2). Tiba-tiba masyarakat desa setempat mengetahui ada kobaran api membumbung tinggi dari rumah korban. Bersamaan itu, warga berusaha memadamkan api tersebut dengan peralatan seadanya dan menghubungi pemilik rumah yang sedang keluar. "Sepertinya, kebakaran sudah terjadi sekitar pukul 10.15. Sebab, kami mengetahui api sudah tinggi," ungkap Sudarsono, salah seorang warga setempat.

Dia melanjutkan, usaha yang dilakukan masyarakat tak mampu padamkan api. Mengingat bangunan rumah mayoritas berasal dari kayu yang notabe mudah sekali terbakar. Tak ayal, hal itu membuat api dengan sekejap melahap seluruh bangunan rumah. "Api baru bisa dikuasai beberapa menit berselang setelah petugas damkar tiba di lokasi dan lakukan pemadaman," ujarnya.

Hal itu dibenarkan Kasubbag Humas Polres Trenggalek Iptu Supadi. Setelah mendapatkan laporan tersebut, polisi langsung ke lokasi untuk membantu proses pemadaman. Selain itu, juga meneruskan informasi tersebut ke petugas damkar Trenggalek. "Setelah kami meneruskan informasi itu, beberapa menit berselang datang dua unit mobil damkar," ujarnya.

Dengan sekejap, api berhasil dikuasai yang diteruskan dengan proses pendinginan oleh petugas damkar untuk mencegah kebakaran susulan. Setelah itu, polisi langsung olah TKP di rumah dengan ukuran 7 x 4 meter tersebut. Bersamaan itu, turut diamankan barang bukti yang kemungkinan pemicu terjadinya kebakaran. Seperti satu buah kompor gas, satu buah alat dapur yang hangus, serta dua buah tabung gas LPG 3 kilogram."Tidak ada korban akibat hal ini. Namun penyebab pastinya kebakaran masih kami selidiki," jelasnya.

(rt/dre/zak/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia