Senin, 27 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

2.500 Siswa ikut Tryout UNBK

12 Februari 2019, 20: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

AGAR LEBIH SIAP : Peserta Tryout mandiri dari SMAN 2 Trenggalek ketika mengerjakan soal di komputer.

AGAR LEBIH SIAP : Peserta Tryout mandiri dari SMAN 2 Trenggalek ketika mengerjakan soal di komputer. (ANGGI ANDIKA/ RATU)

TULUNGAGUNG – Tryout Kejujuran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Trenggalek dimulai Senin (11/2). Tercatat lebih dari 2.500 peserta kelas XII SMA di Trenggalek mengikuti latihan UNBK yang berlangsung hingga Jumat (15/2) tersebut. Seperti di SMAN 2 Trenggalek.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek, tercatat ada 322 peserta di sekolah tersebut yang mengikuti try out kejujuran. Jumlah tersebut meliputi 191 peserta dari kelas IPA, dan 131 peserta dari kelas IPS. Mereka melaksanakan try out secara bergantian dengan waktu yang dijadwalkan. “Untuk hari pertama ini tidak ada kendala, dan anak-anak bisa mengerjakannya dengan baik,” ungkap Kepala SMAN 2 Trenggalek Sugeng Riyono.

Dia melanjutkan, diprediksi seluruh siswa dari SMAN 2 Trenggalek bisa menyelesaikannya dengan baik. Sebab, sebelum pelaksanaan pihak sekolah telah mengadakan sosialisasi kepada peserta. Sebab meski hanya tryout, sekolah mengimbau para siswa untuk tetap fokus dalam proses pengerjaan dan jangan asal menjawabnya. “Hasil dari try out ini dapat sebagai tolok ukur kemampuan sekaligus menjadi ajang latihan siswa sebelum menghadapi UNBK sebenarnya pada awal April mendatang, jadi kami selalu tekankan agar siswa tidak main-main dalam mengerjakan,” katanya.

Kendati siswa kelas XII mengikuti try out, namun kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung. Tujuannya untuk efisiensi waktu belajar, mengingat UNBK sudah kian dekat lagi. “Jadi selain berlatih anak-anak juga bisa tetap belajar, semoga saja dengan cara ini selain lulus 100 persen peserta disini juga mendapatkan nilai yang memuaskan,” jelasnya.

Senada diungkapkan Ketua Panitia Tryout UNBK tingkat SMA Endra Gunawan. Dia menambahkan pelaksanaan Tryout kejujuran kali ini diikuti oleh 14 lembaga pendidikan di Trenggalek yang terdiri dari 12 SMAN dan dua SMAS. Sedangkan untuk hari pertama, dengan mata pelajaran (Mapel)  Bahasa Indonesia berlangsung lancar. Sedangkan untuk mapel yang lain seperti matematika, bahasa inggris dan mata pelajaran pilihan, dilaksanakan hari berikutnya. “Semoga saja pada pelaksanaan hari kedua besok (hari ini,red) juga berjalan lancar, serta nantinya seluruh peserta bisa lulus dengan nilai yang bagus, karena telah terbiasa berlatih,” imbuhnya. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia