Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Pelaksanaan Hari Kedua, Kendala Teratasi

15 Februari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LEBIH PERCAYA DIRI: Peserta tryout kejujuran di SMAN 2 dan SMAN 1 Karangan ketika mengerjakan soal di hari kedua dengan mapel Matematika

LEBIH PERCAYA DIRI: Peserta tryout kejujuran di SMAN 2 dan SMAN 1 Karangan ketika mengerjakan soal di hari kedua dengan mapel Matematika (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Berbagai sambutan positif diberikan berbagai lembaga dalam melaksanakan tryout kejujuran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Trenggalek. Pasalnya, berbagai kendala yang terjadi di hari kedua pelaksanaan Selasa (12/2), semua bisa teratasi dan tidak mengganggu jalannya latihan.

Hal ini seperti yang terlihat di SMAN 2 Karangan. Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, tercatat ada 147 peserta yang melaksanakan tryout kejujuran UNBK di sekolah tersebut. Jumlah peserta tersebut dibagi menjadi tiga sesi pada dua ruangan yang disediakan oleh sekolah. “Untuk pelaksanaan hari kedua ini (kemarin, Red) berjalan lancar. Sebab, tidak ada permasalahan yang berarti,” ungkap progtor SMAN 2 Karangan, Agus Winarko.

Dia melanjutkan, ada sedikit permasalahan yang terjadi di sesi pertama. Ada satu peserta yang melakukan kesalahan dalam memilih mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Mengingat yang bersangkutan adalah siswa IPA, tapi memilih mapel Matematika IPS. Hal itu membuat progtor harus melakukan berbagai upaya untuk menganulir pilihan tersebut agar sesuai dengan jurusan. “Karena itu, proses pengerjaan siswa bersangkutan sedikit tertunda. Namun tidak masalah. Kendati selang beberapa menit, semuanya bisa berlangsung,” ujarnya.

Sekolah sangat mengapresiasi penyelenggaraan tryout kejujuran ini. Sebab, selain peserta bisa belajar untuk berlatih menjawab soal, juga menjadi bahan evaluasi sekolah dalam pelaksanaan UNBK sesungguhnya. Untuk itu, nantinya SMAN 2 Trenggalek akan melakukan renovasi dalam hal penataan komputer client yang digunakan peserta. “Tahun lalu kami melaksanakan UNBK dengan satu ruangan. Namun karena jumlah siswa bertambah, akan ada dua ruangan untuk melaksanakannya. Makanya dengan tryout kejujuran ini, kami bisa mengevaluasi mana yang sekiranya diperbaiki,” jlentrehnya.

Senada juga diungkapkan progtor SMAN 1 Karangan, Sugeng Riyono. Dia menambahkan, pelaksanaan tryout kejujuran membuat peserta terlatih dan semakin percaya diri dalam menghadapi UNBK yang sebenarnya. Apalagi, untuk tahun ini, jadwal pelaksanaannya dimajukan karena ada pesta pemilihan umum. “Kendati latihan, anak-anak tetap mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Semoga saja mereka terbiasa dalam mengerjakan soal lewat komputer dan tidak gugup dalam pelaksanaan UNBK nanti,” jelasnya. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia