Rabu, 19 Jun 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Sukses, Hari Ini Try Out Susulan Digelar

15 Februari 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LANCAR: Peserta di SMAN 1 Durenan mengerjakan soal tryout kejujuran berbasis UNBK tingkat SMA, tak alami kendala berarti.

LANCAR: Peserta di SMAN 1 Durenan mengerjakan soal tryout kejujuran berbasis UNBK tingkat SMA, tak alami kendala berarti. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Pelaksanaan hari terakhir tryout kejujuran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Trenggalek berlangsung sukses Kamis (14/2). Pasalnya, semenjak hari pertama pelaksanaan pada Senin (11/2) lalu dengan mata pelajaran (mapel) matematika, tidak ada kendala berarti yang mengganggu jalannya pelaksanaan. Hal ini seperti yang terlihat di SMAN 1 Durenan.

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, sejak hari pertama, pelaksanaan tryout kejujuran berlangsung sesuai jadwal. Sebab, sebelumnya para progtor telah dibekali berbagai cara untuk mengatasi setiap gangguan jika ada. Selain itu, peserta melaksanakan seluruh prosesi dengan tertib tanpa gangguan yang berarti. “Dengan tryout ini, siswa menjadi lebih tenang ketika mengerjakan soal. Semoga ini akan berdampak positif dalam pelaksanaan UNBK nanti,” ungkap salah seorang guru SMAN 1 Durenan Anita Dyah Pancawati.

Dia melanjutkan, sebenarnya dalam pelaksanaan tryout kejujuran ada sedikit kendala terkait masalah soal. Namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya pelaksanaan. Kendala tersebut kebanyakan kurang lengkapnya beberapa soal. Ada sebagian soal yang seharusnya terdapat gambar untuk penjelasan, tapi tidak ada gambarnya, hingga membuat siswa bersangkutan melanjutkan soal ke nomor berikutnya. “Kendati demikian, itu tidak mengganggu kelancaran pelaksanaan karena hanya sebagian kecil soal yang tidak lengkap itu,” katanya.

Untuk pelaksanaan tryout kejujuran sendiri, di SMAN 1 Durenan tercatat ada 324 peserta yang dibagi pada tiga ruangan dengan tiga gelombang. Jumlah tersebut ditambah sembilan peserta dari dua SMA swasta, yaitu tiga peserta dari SMA Muhammadiyah 2 Watulimo dan enam peserta dari SMA Islam Durenan. “Semoga saja sedikit kekurangan yang tergolong wajar ini bisa disempurnakan untuk pelaksanaan selanjutnya,” harapnya.

Sementara itu, ketua panitia tryout kejujuran UNBK tingkat SMA, Endra Gunawan menyampaikan, kendati semua mapel telah dikerjakan, penyelenggara tetap mengakomodiasi peserta yang berhalangan hadir mengikuti tryout kejujuran hari pertama hingga keempat. Untuk itu, direncanakan hari ini akan berlangsung tryout kejujuran UNBK tingkat SMA susulan di lembaga penyelenggara. “Jadi, untuk pelaksanaan tryout kejujuran besok (hari ini, Red), peserta yang hadir tinggal memilih soal berdasarkan mapel yang dia absen,” jelasnya. 

(rt/dre/zak/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia