Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Banana Milk Crispy, Olahan Pisang Kekinian Yang Lumer Di Mulut

18 Februari 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LEZAT: Banana milk crispy yang memiliki rasa manis, legit, dan gurih.

LEZAT: Banana milk crispy yang memiliki rasa manis, legit, dan gurih. (FOTO-FOTO ANDY FOR RATU)

Pisang, siapa sih yang tidak mengenal buah berkulit kuning satu ini? Ya, pisang salah satu jenis buah enak dan kaya manfaat. Mudah didapat dan harga murah, pisang jadi salah satu primadona yang dijadikan aneka camilan dan minuman. Salah satu olahan pisang kekinian yakni banana milk crispy.

Mendengar namanya, tentu sudah menduga bahwa olahan pisang ini mengandung susu dan memiliki tekstur yang crispy atau crunchy. Bahkan aneka topping seperti kismis, almond, dan keju yang diberikan juga memberikan tambahan rasa manis, legit, dan gurih menjadi satu. Tak heran, olahan pisang satu ini membuat para penikmat kuliner merasa ketagihan. "Bisa juga dikasih topping green tea. Sesuka selera," ucap Andy Tri Heri, owner Rumah Kue Chocowboy

Dia menjelaskan, banana milk crispy ini bisa menjadi camilan yang cocok waktu berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, bahkan arisan. Juga sangat direkomendasikan sebagai teman ngopi. Apalagi rasa manis legit dan gurih membuat gigitan pertamanya seakan lumer di mulut.  "Camilan ini cocok buat temen santai. Baik pagi, siang, maupun sore hari," katanya.

Andy, sapaan akrab Andy Tri Heri menjelaskan, dari namanya, banana milk crispy sudah pasti bahan utamanya pisang. Namun, Andy mengaku lebih memilih pisang raja. Sebab, pisang raja kalau dioven rasanya makin legit dan aromanya harum. Ditambah vla custard untuk isian yang berbahan dari susu serta taburan topping seperti keju, almond, dan kismis, juga menambah rasa semakin komplet.  "Kalau rasanya seperti ini, siapa yang berani nolak. Baik anak-anak, muda, hingga dewasa, pasti suka dengan camilan satu ini," kata Andy

Andy lantas menunjukkan cara pembuatannya. Bahan pastry, dibutuhkan adonan pastry tepung terigu, korsvet, gula, garam, air dingin, dan mentega/margarin. Selain itu, untuk bahan utama vla custard yakni pisang raja. Kemudian untuk topping, bisa ditambahkan sesuai selera. Misalnya ditambahkan keju, almond, meses, gren tea, oreo, dan masih banyak lainnya. "Ada dua adonan, pastry dan vla custard," tegasnya.

Untuk pembuatannya, olesi cetakan pisang dengan margarin. Letakkan kulit pastry yang sudah dibuat di atas meja atau silicon matt, taburi dengan terigu, tipiskan kulit pastry dengan rollpin (jangan terlalu tipis). Kemudian, cetak kulit pastry sesuai ukuran dan letakkan di cetakan yang akan digunakan.  "Setelah itu, masukkan vla custard yang berbahan dasar dari pisang. Kemudian beri topping di atasnya seperti keju, almond, dan meses. Dan terakhir, panggang hingga matang," jelasnya.

Banana milk crispy ini, kata Andy, bisa disajikan hangat atau fresh keluar dari oven atau ketika dingin. Jika dimakan dalam keadaan hangat, tekstur kulitnya sangat renyah dan nikmat. Begitu juga dalam kondisi dingin tekstur kulit pisangnya tetap crunchy. Jadi, siapapun akan tergoda untuk terus memakannya. "Apalagi kenikmatan pisang lebih terasa saat menggigit pisang, keju, dan cokelatnya tersebut," katanya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia