Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Seberapa Penting Tryout Menjelang Ujian Nasional

18 Februari 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS : Sejumlah siswa ketika mengikuti tryout kejujuran yang diselenggarakan Radar Tulungagung di SMAN 1 Tulungagung. Tryout menjadi tolok ukur kemampuan siswa dalam menghadapi UNBK

FOKUS : Sejumlah siswa ketika mengikuti tryout kejujuran yang diselenggarakan Radar Tulungagung di SMAN 1 Tulungagung. Tryout menjadi tolok ukur kemampuan siswa dalam menghadapi UNBK (FOTO - FOTO :DOK RATU)

TRYOUT dan praujian nasional (pra-UN) sering dilaksanakan saat mendekati UN. Tryout juga tidak hanya dilaksanakan sekali, biasanya sampai tiga kali. Bagi sebagian pelajar, ada yang tidak paham pentingnya tryout. Tapi sebenarnya penting tidak sih tryout ini? Dan apa saja manfaat kalau serius mengikuti tryout?

Waka Humas SMKN 2 Boyolangu, Endah mengatakan, tryout sangat diperlukan siswa maupun guru. Sebab, bisa membantu dalam menyelaraskan kisi-kisi UN mendatang. Jadi, ada gambaran tentang soal ujian. Dengan begitu, siswa lebih terlatih dan mampu mendapatkan nilai yang memuaskan. Bahkan tryout  biasanya dibuat sama seperti saat ujian nasional. Tujuannya, agar para siswa terbiasa dan terhindar dari rasa grogi atau bahkan tertekan. “Menurut saya, idealnya pelaksanaan tryout itu dua kali. Agar benar-benar maksimal dalam melatih kesiapan para siswa,” kata Endah.

Dia juga menjelaskan, tryout juga dijadikan sebagai evaluasi untuk guru-guru sejauh mana pemahaman siswa-siswi dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian. Hasil tryout menunjukkan sejauh mana kemampuan siswa yang akan menghadapi UN ini. Dengan adanya hasil tersebut, guru bisa lebih berfokus pada pelajaran tertentu. “Tryout itu juga sangat membantu para guru untuk mengukur seberapa paham materi yang disampaikan. Jika belum paham, guru bersangkutan nantinya menjelaskan ulang materi yang belum dipahami tersebut," jelasnya

Meski ada tryout, kata wanita ramah ini, tambahan bimbingan belajar juga masih diperlukan. Gunanya untuk me-review materi dan latihan soal-soal. Sebab, untuk SMK materi ujian produktif mulai mata pelajaran kelas X, sangat diperlukan. “Bimbingan belajar, khususnya yang diadakan sekolah ini sangat membantu dia jelang UN," tegasnya

Hal senada juga diungkapkan Waka Humas SMAN 1 Tulungagung, Siswo Subagyo. Dia mengatakan, ketika peserta didik menghadapi ujian termasuk UN, metode yang tepat adalah metode drill atau latihan. Bimbingan belajar yang dilakukan juga menggunakan metode latihan driil, latihan dan pembahasan soal-soal mirip dengan tryout. Tujuannya, agar anak terbiasa menghadapi soal-soal yang identik dengan soal UN. “Jadi, tryout masih diperlukan. Apalagi kondisi, situasi dan pengaruh anak sekarang ini relatif banyak,” katanya.

Dengan mengetahui hasil tryout, guru dan peserta didik atau siswa dapat mengambil keputusan yang tepat untuk langkah berikutnya. Misalnya jika hasil tryou-tnya rendah, akan dianalisis penyebab-penyebabnya sekaligus treatment yang diberikan. Sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

"Untuk idealnya berapa kali tryout, ya kembali lagi kepada peserta didik. Yang tidak kalah penting adalah pengawasan dan motivasi dari orang tua agar anak-anaknya mau belajar dan belajar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Tulungagung-Trenggalek Solikin mengatakan, persiapan jelang UNBK maupun USBN kini sudah mulai dilakukan. Mulai dengan menggelar berbagai tryout. Baik diadakan dari sekolah, MGMP, provinsi, bahkan kerja sama dengan pihak swasta seperti Jawa Pos Radar Tulungagung. Tryout sendiri bertujuan untuk melatih para siswa menjawab soal-soal UN. Selain itu, juga untuk melihat kesiapan sarana prasarana komputer dan server. Mengingat USBN dan UNBK semua berbasis komputer. “Nah, simulasi dan tryout yang sering diselenggarakan sekolah itu sangat penting. Itu untuk mengukur sejauh mana kesiapan siswa, guru, dan sekolah," tandasnya. 

(rt/lai/rak/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia