Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Tryout Jadi Tolok Ukur Kemampuan Siswa

18 Februari 2019, 18: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SERIUS : Siswa sedang mengikuti simulasi UNBK di ruang laboratorium komputer SMAN 1 Kedungwaru.

SERIUS : Siswa sedang mengikuti simulasi UNBK di ruang laboratorium komputer SMAN 1 Kedungwaru. (FOTO - FOTO :DOK RATU)

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya terkait seberapa penting tryout bagi siswa, di sisi lain tryout merupakan bentuk uji coba yang diberikan pada siswa. Soal tryout disusun pihak dinas pendidikan berdasarkan standar kompetensi lulusan (SKL) dan kisi-kisi UN. Meski demikian, soal-soal ujian tryout tidak dapat dipastikan apakah sama atau tidak dengan soal-soal UN yang akan dihadapi siswa.

Menurut salah seorang siswa kelas XII, Gardin Muhammad Andika Saputra, tryout sangat penting karena bisa menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan siswa. Namun, dia berpendapat agar siswa tidak mudah cepat puas. Alasannya, standar kesulitannya soal tryouy acapkali lebih tinggi daripada saat ujian sebenarnya. Itu agar siswa lebih terlatih dan juga lebih termotivasi untuk lebih belajar giat, mana materi yang ada di kisi kisi yang belum dipahami. “Untuk ideal pelaksanaan tryouy, tidak perlu sering begitu. Cukup dua sampai tiga kali saja. Pelaksanaan tryout itu berjarak dua bulan dan terakhir itu sekitar satu sampai dua minggu sebelum ujian sebenarnya,” kata siswa SMAN 1 Boyolangu ini

Hal senada diungkapkan siswa XII lain, Adima Aulia. Dia mengatakan, tryout sangat penting untuk persiapan menjelang UN. Selain sebagai tolok ukur seberapa kemampuan siswa untuk mengerjakan dan memahami materi yang diujikan, juga untuk melatih kesiapan mental siswa. “Kalau idealnya sih nggak ada. Malah kalau bisa sesering mungkin buat mengerjakan dan mengikuti tryout-tryout. Sebab, semakin banyak latihan, kita semakin memahami materi dan hafal tipe-tipe soal seperti apa,” tutur siswa SMAN 1 Kedungwaru ini.

(rt/lai/rak/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia