Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

PDIP Mulai Siapkan Penjaringan Calon Wawali Pendamping Santoso

20 Februari 2019, 17: 04: 59 WIB | editor : Retta wulansari

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.Com)

BLITAR KOTA - Dewan pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Blitar sedang mempersiapkan penjaringan calon wakil wali Kota (Wawali) Blitar yang akan mendampingi Santoso saat diangkat menjadi Wali Kota Blitar pengganti M. Samanhudi Anwar.

Dalam waktu dekat DPC akan menggelar penjaringan tersebut dan menggelar rapat internal. "Ya, Sabtu (23/2) minggu dilakukan rapat internal untuk persiapan penjaringan," kata Ketua DPC PDIP Kota Blitar Said Nofandi, Rabu (20/2).

Said mengatakan, rapat internal digelar untuk membentuk tim penjaringan calon wakil wali Kota Blitar. Penjaringan ditargetkan dilakukan dalam waktu dekat. "Usai tim dibentuk yang pasti kami langsung lakukan penjaringan dalam bulan ini," terang pria ramah ini.

Seperti diketahui, PDIP menjadi partai pengusung pasangan M. Samanhudi Anwar dan Santoso dalam pemilihan wali Kota (Pilwali) pada 2015. Saat itu, pasangan Samanhudi memenangkan pilwali tersebut. Namun, pertengahan 2018, Samanhudi ditangkap KPK karena dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Saat ini, Samanhudi sedang menjalani proses hukum. Kader PDIP itu sedang mengajukan banding usai divonis oleh Pengadilan Tipikor Surabaya. Samanhudi divonis majelis hakim lima tahun penjara dan denda Rp500 juta. Selain itu, hakim juga mencabut hak politik selama lima tahun.

Said mengatakan, dalam penjaringan itu maksimal ada dua nama yang akan diusulkan ke DPP melalu DPD. Dua nama itu akan dijaring melalui tim yang sudah dibentuk oleh DPC PDIP. "Untuk siapa nama-nama yang akan dijaring secara resmi belum ada," ujar pria ramah ini.

Namun, menurut Said, sudah ada beberapa nama yang muncul untuk mengisi jabatan wakil wali Kota Blitar. Di antaranya Henry Pradipta Anwar, dr. Syahrul Alim, Sutanto, dan Sugeng Praptono.

Nantinya, usai tim terbentuk langkah selanjutnya akan dibuka pendafataran. Setelah itu, proses seleksi dilakukan. Nantinya hanya ada dua nama yang dipilih untuk diusulkan ke DPP melalui DPD. "Kami berharap bisa dilakukan secepatnya. Sebab, DPRD juga telah membentuk tim pansus tatib pemilihan Wali kota dan wakil wali Kota Blitar," tandasnya.

(rt/abd/kan/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia