alexametrics
Senin, 20 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Features

Konsep Gaya Industrial, Material Besi dan Dinding Concrete

20 Februari 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SIMPEL: Tampak ruang tamu milik Mira yang berkonsep gaya industrialis.

SIMPEL: Tampak ruang tamu milik Mira yang berkonsep gaya industrialis. (MUHAMAD ICWANUDIN FOR RATU)

Menjadi sesuatu berbeda memang dibutuhkan keberanian dan tekad kuat. Sama halnya dengan mendesain rumah. Bukan hanya mempertimbangkan tema apa yang diusung, melainkan juga konsep matang agar hunian tersebut sangat nyaman ditinggali. Nah, mungkin bagi pembaca yang ingin hunian berbeda dengan lain, bisa pilih konsep gaya industrial.

Ya, konsep gaya industrial menjadi salah satu referensi interior rumah yang unik dan berbeda. Sebab, berkonsep utama mengekspos komponen atau elemen struktur bangunan. Sehingga memperlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, unfinished, tapi tampak sangat kohesif dan edgy.

Konsep gaya industrial tersebut seperti yang diterapkan rumah milik Mira Rahmandini yang beralamat Jalan Mayor Sujadi 147, Jepun, Tulungagung. Mira menjelaskan, pemilihan konsep gaya tersebut karena ingin memiliki hunian yang unik, nyaman, dan terlihat luas.

Konsep gaya industrial, kata Mira, didominasi dengan material berbahan dasar besi atau baja dan kayu dalam struktur bangunannya. Bisa diterapkan pada tangga dan langit-langit. Begitu juga dengan furnitur, bisa diambilkan dari bahan dasar tersebut sehingga hunian gaya industrial lebih matang. "Di kota-kota besar, konsep gaya industrial jadi tren," kata Mira

Selain itu, ciri konsep gaya industrial yakni dinding yang terekspos atau concrete. Dinding tampak hanya dilapisi semen atau bahkan beton tanpa cat atau finishing apapun. Padahal, dinding unfinished itu kalau diperhatikan lebih detail, sudah mendapat sentuhan akhir untuk membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan. Dinding unfinished ini digunakan untuk menyempurnakan gaya industrial, gaya interior yang mengekspos sistem bangunan. "Untuk melengkapinya, pemilihan warna cat dinding lainnya juga harus warna yang netral, seperti abu-abu, yang memang sengaja disamakan dengan dinding concrete-nya. Bahkan untuk memberikan kesan industrial tambahan, kami beri wallpaper batu bata di beberapa sudut. Jika bosan, bisa diganti," jelasnya.

Nah, untuk pemasangan aksesori dinding, kata Mira, pihaknya tidak terlalu banyak memasang berbagai aksesori. Jadi, tampilan rumahnya yang minimalis tampak lebih luas.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news