Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Eks Bangunan SMPN 3 Blitar Bakal Dijadikan Museum PETA

20 Februari 2019, 19: 04: 27 WIB | editor : Didin Cahya FS

BERBENAH : Monumen PETA  yang satu kompleks dengan SMPN 3 Blitar. Bangunan terletak di di selatan monumen.

BERBENAH : Monumen PETA yang satu kompleks dengan SMPN 3 Blitar. Bangunan terletak di di selatan monumen. (MUHAMMAD SUBCHAN/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Kompleks Monumen PETA yang berada di Jalan Soedanco Supriadi atau depan TMP Raden Wijaya masuk kategori kawasan cagar budaya. Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bakal menjadikan bekas bangunan SMPN 3 Blitar di kompleks monumen tersebut sebagai museum PETA. 

Saat ini, di kompleks monumen itu terdapat tiga bangunan sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yakni SMPN 3 Blitar, SMPN 5 Blitar dan SMPN 6 Blitar. Bangunan sekolah di kompleks tersebut merupakan cagar budaya peninggalan zaman penjajahan Belanda. Dan pernah menjadi markas tentara PETA di Blitar. 

Plt Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, sesuai rencana eks atau bekas bangunan SMPN 3 Blitar akan dijadikan museum PETA. Sebab, SMPN 3 Blitar nantinya dipindahkan di wilayah Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul. "Bahkan rencana awal dulu, andaikan proses pembangunan SMPN 3 Blitar (di kelurahan Tanggung) lancar, di situ (eks SMPN 3 Blitar sudah siap dibangun museum PETA (tahun ini)," jelasnya. 

Bahkan, lanjut dia, sejumlah benda-benda bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang terutama yang digunkan tentara PETA sudah disiapkan. Benda-benda itu berupa alat persenjataan berat seperti tank hingga pesawat terbang. "Alat persenjataan itu merupakan bantuan dari Panglima yang diperbantukan. Termasuk juga peninggalan Supriadi yang masuh ada," ujar pria berkacamata ini. 

Dengan adanya alat persenjataan itu di museum PETA, kata dia, bisa menjadi objek pengetahuan sejarah pemberontakan Tentara PETA. Museum itu akan menjadi satu ramgkaian wisata sejarah lain. "Misalnya seperti Monumen Potlot di TMP Raden Wijaya," ujarnya. 

Pemkot menargetkan, rencana pembangunan Museum PETA itu dilakukan setelah pembangunan SMPN 3 Blitar kelar. Pembangunan SMPN 3 Blitar ditargetkan kelar tahun ini karena pembangunan sempat mandek.

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia