Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Stok Darah AB Kritis

22 Februari 2019, 21: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CEK: Humas PMI Kabianto menata kantong darah di tempat pendingin.

CEK: Humas PMI Kabianto menata kantong darah di tempat pendingin. (Syaiful Anwar/Radar Blitar)

BLITAR KOTA – Pasien yang membutuhkan stok darah AB harus siap-siap mencari ke Palang Merah Indonesia (PMI) luar kota atau alternatif lain. Pasalnya, stok darah AB di PMI Kota Blitar menipis. Berdasarkan data PMI Kota Blitar, stok darah golongan A  sebanyak 42 kantong, B 37 kantong, O 129 kantong, dan golongan darah AB hanya tiga kantong. “Dari total darah sebanyak 211 kantong, yang paling sedikit hanya golongan AB. Cuma tiga kantong,” ungkap Humas PMI Kabupaten Blitar, Kabianto.

Menurut dia, menipisnya stok darah golongan AB sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Minimnya stok darah AB karena pihaknya memang kesulitan mencari stok golongan darah tersebut. “Golongan darah AB memang tak sebanyak golongan lainnya. Jadi, untuk mencari jenis AB sangat sulit,” ujarnya.

Namun menurut dia, selama ini warga yang membutuhkan darah jenis AB juga tidak terlalu banyak. Jadi, tipisnya stok darah AB tidak begitu berdampak signifikan. Hanya jika banyak yang meminta dan stok menipis, pihaknya akan mengarahkan untuk mencari ke PMI lainnya. Misalnya PMI di Kabupaten Blitar, Tulungagung, Malang, atau Kediri. “Selama ini selain stok tipis, peminat jenis AB juga tidak banyak,” jelasnya.

Dia menambahkan, sejak tiga bulan lalu atau November tahun lalu sampai sekarang, permintaan darah di PMI Kota Blitar mengalami peningkatan tiga kali lipat. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kasus demam berdarah (DB). “Otomatis, banyaknya kasus DB berdampak pada kebutuhan darah khusus trombosit,” ujarnya.

Sedangkan kebutuhan darah untuk keperluan lain, seperti cuci darah dan operasi, juga tinggi. Sebelumya, permintaan darah dalam sehari hanya 20 sampai 25 kantong. Kini dalam sehari permintaan bisa mencapai 40 sampai 60 kantong darah.

Nah, agar ketersediaan stok darah terus terjaga, pihak PMI Kota Blitar melakukan donor darah dengan sistem jemput bola.  “Misalnya, kini kami sudah memiliki jadwal untuk mendatangi tempat yang akan dilakukan donor darah keliling,” imbuhnya.

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia