Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

13.783 Siswa Kelas VI Ikut Tryout UN

23 Februari 2019, 19: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS: Sejumlah siswa kelas VI SDN 1 Kampungdalem ketika mengikuti tryout kejujuran ujian nasional Jumat (22/2).

FOKUS: Sejumlah siswa kelas VI SDN 1 Kampungdalem ketika mengikuti tryout kejujuran ujian nasional Jumat (22/2). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Pelaksanaan tryout ujian nasional (UN) tingkat SD yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung berlangsung lancar. Sekitar 13.783 siswa kelas VI antusias ikut latihan tersebut.

Termasuk di SDN 1 Kampungdalem Jumat (22/2), sebanyak 160 siswa ikut tryout sesuai dengan jadwal yang ditentukan. “Alhamdulillah lancar dan siswa antusias,” jelas Kepala SDN 1 Kampungdalem, Muhadi. Dia melanjutkan, tryout ini penting dilakukan. Lantaran dapat jadi ajang latihan sekaligus tolok ukur kesiapan siswa hadapi UN nanti.

Disinggung mengenai kesiapan menghadapi UN, pria ramah ini mengatakan, pendalaman materi rutin dilakukan setiap sepulang sekolah.

Tak hanya itu, membiasakan siswa mengerjakan soal ujian juga menjadi salah satu cara untuk melatih kesiapan siswa. Baik dari sisi materi maupun mental. “Kalau kesiapan, insyaallah siap. Sudah 80 persen kalau dikalkulasi, anak-anak rutin latihan mengerjakan soal,” tandasnya.

Senada dengan Muhadi, guru kelas VI SDN 1 Pinggirsari Kecamatan Ngantru, Sutarti mengaku, mengapresiasi semangat siswa ikut tryout.

Dia menjelaskan, untuk melatih kesiapan siswa, salah satunya dengan siswa terbiasa mengerjakan soal-soal. Dengan demikian, siswa tidak akan bingung ketika UN. “Sekitar 27 siswa ikut tryout hari ini (kemarin, Red) ini juga bisa sebagai sarana latihan anak-anak dalam memperdalam materi,” ujarnya.

Dia menuturkan, kurang teliti dalam pengerjaan soal jadi salah satu hambatan dihadapi siswa. Terlebih pada mata pelajaran (mapel) matematika. Untuk itu sejak awal Januari, dilakukan pendalaman materi pada siswa kelas VI. Salah satunya dengan rutin mengerjakan soal-soal UN tahun sebelumnya.

Bagaimana kesiapan menyambut UN? Dia mengaku siswanya telah siap 90 persen. “Setiap hari selalu latihan soal-soal berdasarkan kisi-kisi. Semoga dengan latihan dan tryout, anak-anak bisa lebih siap dan mantap menghadapi UN,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendikpora Tulungagung Bina Andari Nurmaning mengungkapkan, tryout merupakan uji coba. Artinya, dapat dijadikan tolok ukur untuk memperbaiki kekurangan yang ada. “Untuk itu, tryout wajib diikuti oleh peserta USBN yang terdaftar,”jelasnya.

Melalui tryout, sambung dia, siswa diharap dapat belajar mengenai manajemen waktu, dapat melihat ruang lingkup soal yang akan keluar, dan juga adaptasi dengan kondisi ketika UN.

Tryout tidak hanya sekadar mencari nilai, tapi juga melatih siswa dalam penguasaan materi. Sebagai informasi, UN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Terdapat tiga mapel yang akan diujikan, yakni matematika, bahasa Indonesia, dan IPA. “Tidak ada perubahan yang signifikan dengan tahun lalu. Saya berharap melalui tryout ini, siswa lebih siap hadapi UN April mendatang,” tandasnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia