Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Upaya Indra Utami Gelorakan Semangat Bermusik Keroncong (2)

24 Februari 2019, 02: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

GAYENG: Indra Utami Tamsir saat menyanyi lagu keroncong diiringi oleh anak-anak sekolah di basecamp Kakas, Jumat (22/2).

GAYENG: Indra Utami Tamsir saat menyanyi lagu keroncong diiringi oleh anak-anak sekolah di basecamp Kakas, Jumat (22/2). (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

Keroncong salah satu musik khas tanah air. Sayang, gaungnya mulai terkalahkan dengan munculnya aliran musik kekinian. Hal ini memicu semangat Indra Utami Tamsir, seorang diva musik keroncong yang dijuluki the next Waljinah ini rela blusukan ke daerah untuk kampanyekan cinta musik keroncong.

AGUS MUHAIMIN

Kipas angin itu pun menyala. Bagian kepalanya terlihat tolah-toleh ke kanan ke kiri mengembuskan angin ke seluruh ruangan. Setelah membenarkan posisi duduk, Iut pun menuturkan pengalamannya berkunjung ke beberapa daerah dalam rangka mengampanyekan atau memberikan semangat kepada pegiat atau pelaku musik keroncong. Mulai dari Nganjuk, Blitar, hingga tiba di Bumi Menak Sopal, siang kemarin. “Sebenarnya keroncong itu masih eksis sampai sekarang. Hanya memang pertunjukan mereka sangat jarang ter-publish,” tuturnya.

Dari blusukan-nya ke daerah-daerah, Iut mengaku masih saja mendapati komunitas atau pelaku seni keroncong. Terlebih saat berkunjung ke Kota Keripik Tempe ini. Dia melihat antusiasme dan potensi yang besar perkembangan musik keroncong di Trenggalek.

Itu bisa dilihat dari komunitas anak-anak usia SD yang sudah bisa memberikan pertunjukan apik dalam bermain musik keroncong. Bagi sebagian orang, penampilan mereka mungkin sederhana. Namun bagi penikmat keroncong tidak demikian. “Keroncong itu susah lho, napasnya harus panjang, bisa menjiwai, bermain cengkoknya juga tak mudah. Makanya selalu gobyos kalau habis nyanyi keroncong karena memang susah,” tuturnya. 

(rt/muh/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia