alexametrics
Rabu, 01 Apr 2020
radartulungagung
icon-featured
Features

Brownies Lumer, Legit Gigitan Pertama

26 Februari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MANTUL: Brownis lumer ketika disendok.

MANTUL: Brownis lumer ketika disendok. (SITI NURUL LAILIL M/FOR RATU)

TULUNGAGUNG - Hai foodies, siapa yang suka ngemil brownies sore-sore sambil nongkrong bareng temen-temen atau keluarga? Ya, brownies sering kali jadi pilihan camilan. Itu karena brownies yang biasanya berbentuk persegi panjang atau berbentuk dadu-dadu kecil itu mudah ditemui atau bahkan mudah dibuat. Teksturnya yang padat dan warnanya yang cokelat pekat menjadi ciri khas brownies yang membuat banyak orang suka.

Seiring perkembangan zaman, brownies yang bertekstur padat kini berubah menjadi kental dan biasa dikenal Brownies Lumer. Cokelatnya yang full, dijamin bikin ketagihan para penikmatnya.

Salah seorang pelaku usaha kuliner, Bisyarah Jelang Fitria mengatakan, brownies sering jadi sajian untuk nongkrong atau berkumpul dengan keluarga. Rasanya yang legit manis dari cokelat itu disukai banyak kalangan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Brownies cokelat bisa diolah dengan dipanggang atau dikukus yang berbentuk persegi datar. "Biasanya dipesan untuk acara lain. Misal arisan, kumpul keluarga, ataupun lainnya," kata owner V'eat Cake ini.

Dia mengatakan, dalam perkembangannya, kini banyak varian brownies. Salah satunya yang paling digemari yakni brownies lumer. Biasanya ditambah topping seperti kacang almond, choco chips, meses, oreo, dan masih banyak lainnya. Tambahan cokelat lumer pada brownies membuat rasanya lebih legit saat santapan pertama. "Brownies lumer ini hanya kita tambahi glase dengan di panggang setengah matang cokelat sehingga cokelatnya berkesan meleleh," katanya

Pembuatannya dibutuhkan bahan. Di antaranya telur, gula pasir, tepung terigu, cokelat bubuk, mentega cair, cokelat batang, dan glase yang nantinya diberikan sesudah brownies matang. Untuk cara pembuatannya, lelehkan cokelat batang campur dengan mentega. Jangan sampai mendidih. Telur, gula, SP, dan vanili, aduk dengan mixer kecepatan sedang hingga mengental. Setelah adonan mengental, campur tepung, cokelat bubuk, dan baking powder. Mixer lagi dengan kecepatan tinggi hingga mengental. Setelah semua adonan mengental, campur dengan mentega dan coklat batang yang telah dilelehkan. Masukkan ke dalam cup plastik atau cup yang sudah dilapisi dengan alumunium foil. Lalu kukus dengan api sedang selama 15 menit. "Kemudian setelah matang, beri toping glase cokelat di atasnya. Lalu tambahi dengan garnis sesuka selera supaya terlihat cantik," katanya.

Vea, sapaan akrab-Bisyarah Jelang Fitria menyarankan, brownies leleh ini sangat cocok disajikan ketika dingin. Dia meyakini brownies ini dijamin tidak eneg. Karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Bahkan agar kenikmatannya lebih komplet, bisa disantap rame-rame. "Jadi lebih seru kalau disantap bareng-bareng," tandasnya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia