Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Jualan Sabu-Sabu, Nelayan Di Blitar Dicokok Polisi

01 Maret 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TAK BERKUTIK: Dua tersangka, Refano dan Richard di Polres Blitar bersama barang bukti berupa sabu-sabu, Jumat (1/3).

TAK BERKUTIK: Dua tersangka, Refano dan Richard di Polres Blitar bersama barang bukti berupa sabu-sabu, Jumat (1/3). (IST)

BLITAR KABUPATEN - Polisi membekuk dua pengedar narkoba jenis Sabu-sabu yang selama ini beroperasi di wilayah Kecamatan Bakung, Jumat (1/3). Kedua pelaku yakni Refano Surya Ady warga Desa Kedungbanteng dan Richard Singgih warga Desa Pulerejo, Kecamatan Bakung.

Keduanya ditangkap satuan reserse narkoba (Satreskoba) Polres Blitar di tempat dan waktu yang berbeda pada Jumat (1/3) malam dini hari. Dari tangan dua pelaku itu, polisi menyita sejumlah barang bukti (BB). Yakni serbuk kritas alias SS seberat 0,40 gram sabu, korek api gas, satu bong lengkap, satu sekop dari plastik sedotan dan tunai sebesar Rp 300 ribu.

Akibat perbuatannya itu, dua pelaku yang sehari bekerja sebagai nelayan dan petani itu harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolres Blitar. Polisi menjerat keduanya dengan pasal Pasal 114 dan 112 ayat 1 dan 2 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Ancaman hukumannya paling lama 12 tahun penjara," jelas Kasubbag Humas Polres Blitar Iptu M. Burhanudin, Jumat (1/3).

Burhan menjelaskan, dua tersangka tersebut ditangkap dalam waktu yang berbeda. Yang pertama ditangkap adalah Refano. Dan setelah dikembangkan, polisi lalu menangkap Richard. "Saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan ditemukan barang bukti berupa sabu-sabu dari Refano," ujarnya.

Setelah itu, polisi menginterogasi. Dari pengakuan Refano, serbuk kristal putih haram itu didapatkan dari temannya, Richard. Polisi langsung meluncur mencari Richard. Pencarian polisi tidak sia-sia. Petugas satreskoba berhasil membekuk Richard di rumahnya.

Kedua pelaku itupun langsung digelandang ke Polres Blitar untuk penyidikan lebih lanjut. Akibat perbuatannya, pelaku ditahan di Polres Blitar untuk mempertanggungnjawabkan perbuatannya. 

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia