Selasa, 21 May 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Kerugian Capai Rp 200 Juta, Kerusakan di Sekolah Belum Dihitung

Dampak Puting Beliung

04 Maret 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

RINGSEK: Ruang kelas VIII SMP 1 Gondang jebol setelah tertimpa pohon Jabon, Jumat (1/3) sore saat puting beliung.

RINGSEK: Ruang kelas VIII SMP 1 Gondang jebol setelah tertimpa pohon Jabon, Jumat (1/3) sore saat puting beliung. (AGUS DWIYONO/ RATU)

TULUNGAGUNG - Bencana puting beliung yang menerjang sebanyak 429 rumah di 15 desa di tujuh kecamatan pada Jumat (1/3) sore lalu, jika ditotal kerugiannya mencapai sekitar Rp 200 juta. Itu berdasarkan perkiraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung. Kerugian tersebut belum termasuk di SMPN 1 Gondang. Salah satu ruang kelas sekolah itu terkena pohon tumbang akibat puting beliung.

Minggu (3/3) sekitar pukul 12.00 Wib, beberapa petugas pemadam kebakaran (damkar) memotong pohon jabon yang roboh dan menimpa genting kelas VIII. Kelas itu rusak di bagian atap hingga jebol serta di bagian emperan kelas. Sebenarnya pohon tersebut berada di samping sekolah dan memiliki tinggi sekitar enam meter.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Tulungagung di lokasi, sekitar enam petugas damkar satpol PP Tulungagung dibantu guru bergotong royong menurunkan pohon yang berada di atap salah satu kelas sekolah tersebut.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Tulungagung Rakidi mengatakan, pihaknya mulai dari Jumat hingga hari ini (Minggu, 3/3) berupaya mengevakuasi beberapa pohon yang menimpa salah satu kelas di SMP 1 Gondang tersebut. “Hari ini tim saya terjun kembali mulai dari pagi,” ungkapnya.

Dia mengaku, jenis pohon jabon yang menimpa kelas tersebut berusia sekitar enam tahun. Bahkan, tidak hanya satu pohon yang menimpa, beberapa pohon lain yang berjajar di samping kelas tersebut juga ikut tumbang. “Memang karena kuatnya angin, dua pohon besar tumbang,” jelasnya.

Dia menjelaskan, tidak ada kendala sedikitpun dalam mengevakuasi pohon tersebut. Hanya, membutuhkan beberapa waktu menurunkan pohon yang tersangkut di antara reng dan usuk kelas tersebut. “Tidak ada kesulitan dalam evakuasi pohon,” jelasnya.

(rt/iyo/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia