Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Mirip Green Canyon Pangandaran

04 Maret 2019, 19: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MIRIP GREEN CANYON?: Seorang nelayan Pantai Popoh naik perahu tong menuju perahu yang lebih besar di dermaga labuh setempat.

MIRIP GREEN CANYON?: Seorang nelayan Pantai Popoh naik perahu tong menuju perahu yang lebih besar di dermaga labuh setempat. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Pantai Popoh di Desa Besole, Kecamatan Besuki, masih menyimpan eksotisme jika jeli dalam mengambil spot foto. Tak terkecuali di sisi selatan yang berdekatan dengan pemecah ombak. Ada sebuah tebing yang berhiaskan tumbuhan hijau yang bisa berbaur dengan warna air laut yang hijau tua.

Seperti terlihat beberapa hari lalu, area tersebut juga sering menjadi salah satu lokasi turunnya nelayan menuju perahu yang disandarkan di dermaga labuh. Aktivitas mereka kontras dengan warna lingkungan sekitar yang didominasi warna hijau.

Rizki Khalista, salah seorang petugas Pelabuhan Popoh mengatakan, bagian selatan dermaga perikanan memang cukup berbeda dengan lokasi di sisi lainnya. Kini banyak tumbuhan hijau menghiasi tebing yang membatasi Teluk Popoh dengan laut lepas itu. “Kalau sore tiba memang ada nuansa lain di dekat tebing,” katanya.

Menurut dia, warna tebing di situ pada sore hari memang bisa berbaur dengan warna laut. Jika mengambil foto dengan sudut yang tepat, orang tentu mengira itu bukan laut. Sebab, perairan yang ada di dekatnya cenderung tenang karena merupakan bagian dari dermaga labuh untuk perahu nelayan. “Bisa mengecoh orang jika tidak datang sendiri ke lokasi itu. Sekilas memang mirip Green Canyon di Pangandaran,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Rokhim, salah seorang nelayan setempat. Menurut dia, lokasi itu lazimnya digunakan nelayan untuk turun ke laut menuju perahu yang bersandar. Yakni menggunakan perahu kecil yang terbuat dari tong plastik berwarna biru dan menggunakan dayung seadanya. “Mungkin ini sisi keunikan aktivitas nelayan yang ada di sini. Mereka membuat perahu kecil buatan sendiri untuk menuju perahu besar yang akan membawa ke tengah laut,” tuturnya.

(rt/rak/dre/red/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia