Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Sports

Pikiran Lebih Rileks Dengan Gerakan Yoga

05 Maret 2019, 06: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CEGAH SKOLIOSIS: Sejumlah wanita ketika ikut kelas yoga di salah satu sanggar.

CEGAH SKOLIOSIS: Sejumlah wanita ketika ikut kelas yoga di salah satu sanggar. (ASTINAWATI FOR RATU)

SEPERTI yang telah diberitakan sebelunya terkait manfaat yoga bagi kesehtan, selain dapat membuat pikiran lebih rileks, yoga terapi juga mampu membantu terapi skoliosis dan mencegah cedera. Gerakan atau asana pada yoga diperuntukkan membantu melenturkan otot. Jika otot jarang digerakkan, bukan tidak mungkin menjadi kaku dan menimbulkan risiko cedera. “Ada beberapa asana yang dapat menyelaraskan posisi tulang. Ruas-ruas tulang belakang diregangkan dan perlahan-lahan disesuaikan kembali pada posisi normal,” terang Astinawati, Instruktur Yoga.

Wanita 49 tahun ini menjelaskan, mengikuti yoga terapi juga membantu melatih otot punggung agar lebih kuat. Jadi akan memberikan tenaga penunjang ekstra untuk keseluruhan tubuh.

Dia menambahkan, tidak semua asana dapat diterapkan pada penderita skoliosis. Perlu disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahan skoliosis. Salah satu gerakan yang dihindari yakni menekuk tubuh ke bawah. Untuk itu, sebelum melakukan yoga, penting melakukan pemanasan dan peregangan. “Yoga untuk skoliosis biasanya melibatkan alat-alat bantu tambahan selain matras, seperti bantalan, tali elastis, dan sebagainya,” ujarnya.

Meski pada dasarnya yoga dapat dilakukan sendiri di rumah, sebaiknya pemula mengikuti kelas yoga terlebih dahulu. Itu untuk menghindari cedera pada tubuh akibat salah mengaplikasikan gerakan. Jika sudah rutin mengikuti kelas yoga, dapat dilanjutkan sendiri di rumah.

Mengenai durasi latihan yoga, wanita ramah ini menyarankan 60 hingga 90 menit waktu yang ideal. Semakin rutin melakukan yoga terapi, akan membantu pemulihan lebih cepat. “Sekarang memang banyak artikel di media online mengenai yoga. Namun datang ke kelas yoga sangat disarankan. Bisa-bisa salah mengikuti gerakan yang ada dan cedera,” pungkasnya.

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia