Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Ikut USBN-KP, Tuna Rungu Sulit Pahami Soal Panjang Bahasa Indonesia

07 Maret 2019, 13: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

APA JAWABANNYA? : Peserta USBN-KP di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek mengerjakan soal bahasa Inggris.

APA JAWABANNYA? : Peserta USBN-KP di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek mengerjakan soal bahasa Inggris. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebagai salah satu prasyarat kelulusan juga dilakukan siswa berkebutuhan khusus. Namun bedanya, bukan berbasis komputer (BK), melainkan masih berbasis kertas pensil (KP). Seperti di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek, Rabu (6/3).

Kepala SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek Pardiono mengatakan, semua soal dan kisi-kisi USBN-KP dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim). Sama seperti tahun sebelumnya, soal diterima sekolah dalam bentuk soft copy. Pencetakannya dilakukan oleh sekolah bersangkutan. “Siswa kelas XII di sini ada sembilan anak, dengan lima ketunaan yang berbeda,” katanya.

Dia melanjutkan, sekolah harus memilah soal tersebut berdasarkan jenis ketunaan dan kemampuan siswa peserta USBNKP. Namun sayang, hal tersebut urung dilakukan, mengingat soft copy soal baru diterima sekolah, Rabu (27/2) lalu. Sedangkan USBN-KP dilaksanakan Senin (4/3) kemarin. Dari situ, sekolah tidak memiliki waktu mengoreksi atau mengganti soal yang nantinya diujikan tersebut. “Untung saja, tuna netra di sini tidak sepenuhnya tuna netra melainkan low vision sehingga masih bisa melihat dari jarak dekat dan kami tidak perlu mengetik kembali soal dalam bentuk braile,” ungkapnya.

Karena itulah, lima siswa tuna rungu yang mengikuti USBNKP tersebut kesulitan dalam memahami soal beberapa mata pelajaran (mapel), khususnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Karena keterbatasan pendengarannya, perbendaharaan kosa katanya masih minim. Jadi, akan merasa kesulitan jika ada soal dengan bacaan panjang, ditambah pertanyaan yang mengecoh, seperti kecuali.

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia