Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Surat Suara Pemilihan Capres dan Cawapres Tiba, Besok Disortir

07 Maret 2019, 15: 32: 34 WIB | editor : Didin Cahya FS

PERSIAPAN : Surat suara tiba dan disimpan di gedung KPU Kota Blitar, Kamis (7/3).

PERSIAPAN : Surat suara tiba dan disimpan di gedung KPU Kota Blitar, Kamis (7/3). (M. SUBCHAN/ RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Ratusan ribu lembar surat suara (SS) pemilu calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) dan SS pemilihan DPD RI akhirnya tiba.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar Setyo Budiono mengatakan, SS pemilihan capres dan cawapres serta DPD RI itu telah disimpan di gudang logistik KPU Kota Blitar setelah datang Rabu (6/3) sore. Ratusan ribu surat suara itu masih terbungkus dalam boks atau kardus. "Rencananya besok disortir oleh teman-teman," katanya , Kamis (7/3). 

Berdasarkan data yang diterima di lapangan, jumlah total boks yang datang yakni sebanyak 290 boks. Perinciannya, 232 boks untuk surat suara DBD RI dan 58 boks surat suara capres dan cawapres. Untuk jumlah lembarnya, masing-masing SS sebanyak 115.815 lembar. 

Budi mengatakan, surat suara itu untuk sementara disimpan di gudang logistik KPU di Jalan Cemara. Pihaknya belum bisa mengetahui adakah SS yang rusak ataupun tidak sesuai bentuk dan desainnya. "Nanti kan masih harus disortir. Jadi belum tahu," terangnya. 

Surat suara itu kini disimpan di gudang dengan pengamanan ketat dari personel kepolisian. Hal itu dilakukan seperti SS yang sudah tiba sebelumnya. SS yang sudah datang dan disortir adalah SS DPR RI, SS DPRD Kota Blitar, SS DPRD Provinsi. 

Dari hasil penyortiran itu, ditemukan ribuan lembar surat suara rusak. Berdasarkan hasil rekap tercatat ada 1.796 lembar. Kerusakan yang terjadi di antaranya sobek, ukuran surat suara melebihi, hingga timbul bercak noda. Surat suara yang rusak itu kini disimpan dan akan dikirimkan ke KPU RI untuk diganti.

(rt/abd/kan/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia