Kamis, 18 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Puluhan Hektare Sawah Mirip Lautan Setelah Tanggul Jebol

08 Maret 2019, 02: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

HILANG : Warga Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, menunjukkan lokasi tanggul yang jebol, Kamis (7/2).

HILANG : Warga Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, menunjukkan lokasi tanggul yang jebol, Kamis (7/2). (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TULUNGAGUNG)

TULUNGAGUNG- Banjir juga menerjang Desa Waung, Kecamatan Boyolangu. Derasnya air sungai dan intensitas hujan tinggi Rabu (6/3) hingga Kamis (7/3), membuat tanggul di desa setempat tak mampu menahan, sehingga jebol.

Kepala Desa (Kades) Waung, Kecamatan Boyolangu, Eko Wahoyo mengungkapkan,  banjir menyebabkan rumah warga, area sawah, dan kolam ikan. Air merendam sekitar 100 rumah warga, areal persawahan 21 hektare, dan luas kolam ikan sekitar 1.795 meter persegi. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 226 juta. “Data yang kami terima masih sementara, karena volume air terus bertambah lantaran tanggul belum sumbat. Tak menutup kemungkinan dampak bajir bisa lebih,” tandasnya.

Meski banjir tak menyebabkan korban jiwa atau luka-luka, pemerintahan desa (pemdes) Waung, akan terus pantau keadaan lapangan. “Pihak desa langsung cek lokasi untuk evakuasi warga ketika tanggul jebol,” tandasnya.

Pemdes juga mengungsikan warga terdampak ke rumah RT, balai desa, atau rumah kerabatnya. Karena rumah mereka sudah terendam air dan untuk menghindari terjadinya banjir susulan. “Sementara ini masih diungsikan bagi warga yang rumahnya dekat dari area banjir sampai keadaan normal. Kami sudah melapor ke dinas terkait penangan banjir,” ujarnya.

(rt/pur/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia