Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Sembilan Dubes Timteng Kunjungi Blitar

08 Maret 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

KAGUM: Sejumlah dubes dan pejabat diplomatik melihat dan mencicipi buah cokelat dan melihat proses penanaman biji cokelat.

KAGUM: Sejumlah dubes dan pejabat diplomatik melihat dan mencicipi buah cokelat dan melihat proses penanaman biji cokelat. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN - Pengembangan sektor pariwisata dan industri kecil menengah (IKM) terus digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Keseriusan itu yakni dalam mengelola sektor wisata dan IKM mulai membuahkan hasil.

Kini, Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah tujuan diplomatic outreach dan dikunjungi oleh 9 duta besar dan pejabat diplomatik. Yakni dari beberapa negara Timur Tengah (Timteng), Afrika dan Kepulauan Fiji.

 Duta besar yang hadir yakni dari Republik Irak, Republik Mesir, Maroko, Jordan, Afrika Selatan, Republik Fiji, Republik Tunisia, Maroko, dan Qatar. Mereka berada di Kabupaten Blitar selama empat hari, yakni 5-8 Maret. “Selama di Blitar, mereka (dubes dan pejabat diplomatik, Red) akan melakukan serangkaian kegiatan,” ungkap Bupati Rijanto.

 Kegiatan yang dilakukan di antaranya welcome dinner, rapat koordinasi (rakor) Forum Ekonomi Blitar-Timur Tengah, serta mengunjungi sejumlah tempat wisata dan pusat IKM. Di antaranya di Kampung Jenang di Desa Rejowinangun; Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan; peternakan PT Greenfield; Perkebunan Sirahkencong; Pantai Serang; Makam Bung Karno; dan lainnya.

Dia melanjutkan, Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah yang beruntung. Baru kali pertama mendapat kunjungan dari duta besar negara timur tengah dan yang lainnya. “Inti dan tujuan dari diplomatic outreach yakni untuk meningkatkan sekaligus menjalin kerja sama. Itu guna penguatan ekonomi antarnegara. Terutama mengenalkan potensi wisata dan IKM di Kabupaten Blitar,” ujarnya.

KALI PERTAMA: Bupati Rijanto (tengah) bersama 9 dubes dan pejabat diplomatik sejumlah negara di Timteng, Afrika, dan Kepulauan Fiji, saat berada di Pendapa Ronggo Hadinegoro.

KALI PERTAMA: Bupati Rijanto (tengah) bersama 9 dubes dan pejabat diplomatik sejumlah negara di Timteng, Afrika, dan Kepulauan Fiji, saat berada di Pendapa Ronggo Hadinegoro. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

 Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap agar banyak warga Timteng yang datang ke Kabupaten Blitar, baik untuk sekadar berwisata maupun untuk menjalin kerja sama bisnis atau lainnya. “Diharapkan, nantinya ada output dari kegiatan ini misalnya kedatangan investor asing yang menanamkan modalnya di Kabupaten Blitar,” harapnya.

 Menurut dia, selama berada di Kabupaten Blitar duta besar dan pejabat diplomatik negara Timur Tengah kepulauan Fiji dan Afrika, mendatangi dan melihat langsung semua potensi yang ada. Hal ini secara tidak langsung bisa mempromosikan sektor wisata, produk unggulan, dan potensi lainnya ke sejumlah negara di Timteng, Afrika, dan Kepulauan Fiji. “Kunjungan dubes dan pejabat diplomatik sangat bermanfaat bagi wisata dan IKM di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Sunarko mengatakan, Kabupaten Blitar sengaja dipilih dalam kegiatan diplomatic outreach karena memiliki banyak potensi. Di antaranya memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata pantai, budaya, sejarah, hingga alam. Sedangkan untuk produk unggulan, di antaranya makanan olahan, kerajinan, dan lainnya. “Kabupaten Blitar memiliki banyak potensi yang layak untuk dikenalkan ke luar negeri (internasional). Mulai dari potensi wisata hingga produk unggulan,” ucapnya.

Dia mengatakan, kegiatan tidak berhenti sampai di sini. Dubes dan pejabat diplomatik tidak sebatas datang dan kemudian pergi. Tapi ada tindak lanjut kerja sama atas potensi untuk dipromosikan ke luar negeri. Salah satu contoh jika negara tersebut menggelar pameran, maka beberapa produk unggulan akan ikut hadirkan. “Misalnya, produk unggulan mana yang bisa dipasarkan di negaranya atau tempat wisata mana yang layak dikunjungi warganya dan lainnya,” jelasnya.

(rt/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia