Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Satu WNA Kedapatan Miliki E-KTP Tulungagung, Bawaslu Segera Bertindak

08 Maret 2019, 13: 20: 44 WIB | editor : Didin Cahya FS

TAK BERHAK IKUT PEMILU : Salah satu e-KTP dikantongi warga negara Singapura di Tulungagung.

TAK BERHAK IKUT PEMILU : Salah satu e-KTP dikantongi warga negara Singapura di Tulungagung. (IST)

TULUNGAGUNG- Satu warga negara asing (WNA) di Kota Marmer kedapatan memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dari data tersebut, identitasnya diketahui jika MN, warga Singapura, beralamatkan di Desa Pojok, Kecamatan Ngantru. 

Mengenai status dari pria  65 tahun tersebut sudah menikah dan bekerja di sektor perdagangan.

Terlihat juga untuk e-KTP dibuat awal tahun 2018 dan berlaku sampai April  tahun 2019 atau hanya setahun.

Menanggapi hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tulungagung Fayakun mengatakan, akan meminta data WNA yang punya e-KTP elektronik.

Lantas akan melakukan pencermatan terhadap data tersebut, untuk memastikan WNA sudah miliki e-KTP tidak masuk dalam data pemilih pada pilpres maupun pileg nanti.

Jika nanti hasil pencermatan terdapat WNA miliki e- KTP masuk data pemilih, Bawaslu  merekomendasikan ke KPU Kabupaten untuk menghapus data WNA dalam data pemilih. "Akan  ditindaklanjuti Bawaslu Tulungagung merekomendasikan ke KPU Tulungagung untuk menghapus data WNA dalam data pemilih," tandasnya.

Dia menegaskan, kini jajaran Bawaslu Tulungagung dibantu 19 Panwascam dan PPD se-Kabupaten Tulungagung untuk melakukan pencermatan WNA yg memiliki e-KTP. 

Dalam pasal 1 UU/7/2017 tentang Pemilu. Disebutkan yang memiliki hak pilih bukan didasarkan pada seseorang tersebut memiliki e- KTP saja tetapi adalah WNI. Yakni pemilih adalah Warga Negara Indonesia ( WNI) yang sudah genap berumur 17 tahun atau lebih, sudah kawin, atau sudah pernah kawin. "WNA tidak memilik hak pilih meski telah memiliki e-KTP Indonesia," pungkasnya.

(rt/did/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia