Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Features

Kusuma Dewi Handayani, Pesinden Belia Berbakat (2 Habis)

08 Maret 2019, 23: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

MERDU : Kusuma Dewi Handayani ketika akan tampil di salah satu acara.

MERDU : Kusuma Dewi Handayani ketika akan tampil di salah satu acara. (KUSUMA DEWI HANDAYANI FOR RATU)

Dorongan orang tua dan semangat berlatih, membuat Kusuma Dewi Handayani, kini tekuni sinden. Dia meraih banyak prestasi dan sering dapat tawaran menyanyikan lagu tembangan Jawa.

SITI NURUL LAILIL MA’RIFAH

Dibantu kakeknya, dia diarahkan belajar lagu tembang Jawa untuk iringan gamelan. Memang semula kesulitan menyanyikan tembang, selain gaya khas terdapat cengkok, juga penyanyi harus menguasai karakter lagu. “Pernapasan penting. Jangan sampai memenggal satu kata. Menurut saya dulu belajar menyanyikan tembang Jawa, itu sulit dan malas untuk belajar,” kata gadis 13 tahun ini

Dari dorongan orang tua yang ingin bisa mewarisi bakat keluarganya, lantas muncul minat mempelajarinya. Namun butuh proses panjang. Ada beberapa hal penting harus dipatuhi, seperti mengurangi makanan gorengan, pedas dan juga es. Agar suaranya tetap merdu dan tidak serak.

“Almarhumah nenek dulu pesinden sering mengiringi dalang. Keluarga ingin, saya melanjutkan kegiatan nenek di sinden,,” katanya.

Menjadi seorang pesinden memiliki banyak pekerjaan rumah. Di antaranya sering latihan agar bisa menguasai tembang dan memaksimalkan penguatan mental. “Kekuatan saya ketika tampil dukungan orang tua. Tiap tampil selalu minta restu dan berdoa agar tidak ada kendala ketika melantunkan tembang, terlebih saya sering kali keliru pada nada dan lirik,” jelasnya

Dia mengatakan, dari bidang seni tersebut sudah banyak prestasi yang dikumpulkan. Termasuk pernah mendapatkan tawaran menjadi pesinden. “Saya ingin jadi seorang yang multi talenta. Bisa jadi penari, pesinden bahkan kini mencoba menggeluti modeling dan fashion,” harapnya. 

(rt/lai/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia