Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Jalan Rusak Tembus 200 Kilometer di Kabupaten Blitar

11 Maret 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

 BLITAR KABUPATEN – Tingkat kerusakan jalan di Kabupaten Blitar kategori parah cukup besar. Jalan yang rusak parah mencapai sepanjang 200 kilometer (km).

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, jumlah total jalan di Kabupaten Blitar mencapai sepanjang 1.383 km. Dari panjang ruas jalan tersebut, sebanyak 400 km masuk kategori rusak berat. “Artinya, dari total panjang jalan yang ada, 24 persen masuk kategori rusak berat,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Puguh Imam Susanto melalui Kepala Bidang Jalan, Nanang Adi.

Jika dilihat dari jumlah total panjang jalan, sejatinya kerusakan jalan kategori berat tidak terjadi besar. Sebab, tidak mencapai separo dari total panjang jalan. Tapi jika dilihat dari panjangnya, memang cukup tinggi. Yakni mencapai 200 km.

 Nah, dari hasil survei yang dilakukan, ada beberapa kecamatan yang mengalami kerusakan jalan kategori berat. “Kerusakan jalan kategori berat hanya ada di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Panggungrejo, Binangun, dan Wates,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kerusakan jalan kategori besar sejatinya bukan disebabkan kualitas jalan, melainkan faktor human error. Yakni pemilik kendaraan (truk, Red) yang bermuatan melebih tonase. Seperti truk pengangkut pasir atau hasil pertambangan dan lainnya. “Di tiga kecamatan tersebut rusaknya jalan lebih disebabkan truk yang melintas melebihi kapasitas. Daerah tersebut memang hampir tiap hari dilalui truk hasil pertambangan maupun pertanian,” jelasnya.

 Menurut dia, sebenarnya tiap tahun pihaknya rutin memperbaiki bahkan menaikkan kualitas jalan. Namun karena terbatasnya jumlah anggaran yang disediakan, perbaikan kerusakan jalan tidak bisa dilakukan bersamaan. “Perbaikan dan peningkatan kualitas jalan kami lakukan bertahap,” imbuhnya.

(rt/sai/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia