Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Kenikmatan Masakan Sup Asparagus Kepiting

11 Maret 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

GUGAH SELERA MAKAN: Sup asparagus kepiting. Sup ini siap disantap.

GUGAH SELERA MAKAN: Sup asparagus kepiting. Sup ini siap disantap. (SITI NURUL LAILIL/RATU)

TULUNGAGUNG- Kepiting merupakan makanan penyumbang kolesterol tertinggi untuk tubuh. Namun tidak bisa dimungkiri, kenikmatan masakan berbahan utama kepiting sungguh sedap. Nah, kini banyak olahan kepiting yang menggugah selera.

 Dengan cuaca yang dingin seperti sekarang ini, sup asparagus kepiting cocok jadi salah satu alternatif pilihan menu untuk keluarga. Yustika Dewi, seorang pelaku kuliner mengatakan, sup kepiting asparagus ini sangat istimewa. Selain karena kelezatannya yang "keterlaluan", juga karena sup asparagus kepiting ini biasa dihidangkan di restoran-restoran mewah.

Namun, dengan perkembangan kuliner saat ini, sup asparagus kepiting bisa didapat di berbagai warung atau kedai seafood. Jadi, bisa dikonsumsi semua kalangan yang menyukai sajian seafood. Bahkan, sup asparagus kepiting ini patut dicoba bagi ibu yang menginginkan gizi dan tenaga untuk buah hatinya. "Sekarang ini banyak pelaku usaha kuliner yang menyajikan sup ini untuk menjadi salah satu menunya. Tidak di restoran saja," katanya.

Yustika mengatakan, selain sering jadi menu di beberapa restoran, sup asparagus kepiting ini sering kali dihidangkan di acara wedding orang Chinese. Bahkan, juga jadi salah satu menu perayaan Imlek.

Menu ini biasanya dihidangkan selagi hangat karena lebih nikmat dan gurih. "Sup asparagus ini biasanya juga disajikan tambahan jagung. Rasanya pun lebih nikmat manis gurih dari perpaduan asparagus, jagung, dan kepiting. Gizinya juga lebih lengkap," terangnya.

Pembuatannya pun cukup mudah, bisa dibuat sendiri jika ingin menyajikan menu sup asparagus kepiting jagung untuk keluarga. Cukup sediakan bahan antara lain: 3 hingga 4 ekor kepiting kupas, satu kaleng asparagus, wortel potong korek, jagung yang sudah dipipil, daun bawang, telur, maizena, dan air secukupnya.

Untuk langkah pembuatannya, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan daging kepiting, kemudian aduk rata sampai harum. Selanjutnya, tambahkan kecap ikan, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan aduk rata. Tuang air, masak sampai mendidih. Kemudian masukkan asparagus, jagung, dan wortel. Tambahkan larutan tepung meizena dan masak sampai kental dan meletup-letup. Masukkan daun bawang dan telur sedikit-sedikit sambil diaduk sampai berserabut. Masak sampai mendidih kembali dan angkat sajikan. "Resep yang satu ini merupakan jenis sup dari masakan China," katanya.

Yustika menyarankan, sup asparagus kepiting jagung ini enak ketika disantap selagi panas, ditambah dengan suasana dingin dapat meningkatkan kenikmatan. Sup ini dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi, mengingat terdapat sayuran asparagus yang juga baik untuk kesehatan, daging kepiting, kaldu ayam, serta telur. Cocok untuk yang ingin menambah stamina. "Menyantap bersama seperti bareng keluarga itu lebih seru dan nikmat," tandasnya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia