Jumat, 22 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Asroful, Perajin Batik Tulis Padukan Motif Klasik dan Modern (2 Habis)

Padukan Berbagai Corak Batik

11 Maret 2019, 23: 30: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LESTARIKAN BUDAYA: Asroful Rahdantoro ketika menunjukkan hasil karya batik di galeri miliknya.

LESTARIKAN BUDAYA: Asroful Rahdantoro ketika menunjukkan hasil karya batik di galeri miliknya. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Sadar batik merupakan budaya lokal yang harus terus dilestarikan, menggugah Asroful Rahdantoro terus kembangkan seni batik tulis. Bahkan, dia mencoba memadukan motif batik klasik dengan sentuhan modern.

ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI

Demi kembali hidupkan kesenian membatik,  Asroful Rahdantoro rajin ikuti berbagai pameran. Baik lokal Tulungagung maupun tingkat provinsi. Menurut dia, dengan mengikuti pameran, selain dapat menambah relasi juga kesempatan mencari referensi dari kesenian batik daerah lain. Tak jarang kerap memadukan motif daerah lain dengan motif khas Tulungagung, seperti motif Gajah Mada.

Dia pun menjelaskan, batik khas Desa Mojosari adalah warna soga (cokelat). Warna ini didapat dari pohon soga.

Tak hanya kain batik, sudah dua bulan ini alumni SMAN 1 Karangrejo ini mencoba membuat udeng. Bukan sekadar udeng biasa. Dia memadukan dengan berbagai corak batik. Selain itu, udeng yang dibuat juga dapat diberi identitas pemesan. Ini untuk menunjukkan udeng yang dikenakan bersifat eksklusif karena terbatas. “Udeng yang saya buat tentu tetap saya beri sentuhan batik tulis. Kalau ada yang pesan diberi nama atau yang lain bisa. Jadi bersifat eksklusif dan personal,” terangnya.

Roful tak menampik bisnis batik tulis memiliki pasar khusus. Ini yang menjadi salah satu kesulitan menjalani bisnisnya. Pasalnya, harga yang ditawarkan juga khusus. Tak hanya itu, proses pembuatan yang memerlukan waktu lebih lama dibanding batik cap menjadi salah satu kendala. Namun, hal itu tak membuatnya patah semangat. “Keisitimewaan batik tulis memang di situ. Proses yang rumit dan panjang,” katanya. 

(rt/nda/dre/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia