Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Makin Banyak Pilihan, Kabupaten Blitar Kembangkan 35 Desa Wisata

14 Maret 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

ANDALAN: Pantai Serang yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Blitar.

ANDALAN: Pantai Serang yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Blitar. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Jumlah lokasi yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Blitar,  bakal bertambah. Itu setelah banyaknya desa yang mendirikan atau membangun tempat wisata baru.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar saat ini ada sekitar 35 desa yang memiliki tempat wisata. Jika dikembangkan dan di manajemen dengan maksimal, bukan tidak mungkin puluhan tempat wisata  bakal menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Blitar.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, saat ini sudah ada 35 desa wisata yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tempat  dolan-dolan andalan. “Sebanyak 35 desa wisata tersebut, sangat bagus dan berpotensi menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Hanya saja sekarang managemen desa wisata masih kurang maksimal. Untuk itu,  pihaknya akan melakukan pengembangan terhadap desa wisata. Misalnya mempromosikan desa wisata serta memberikan pembinaan dan pelatihan kepada pengelola desa wisata. Di antaranya memberikan pelatihan cara memanagemen atau mengelola tempat wisata serta pelatihan guide atau pemandu wisata. “Kami akan fasilitasi agar desa wisata bisa maju dan berkembang. Ini agar menjadi destinasi tempat wisata yang patut untuk dikunjungi,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat Kabupaten Blitar, sudah melek wisata. Artinya ketika di desanya ada potensi wisata mereka bahu membahu untuk membuat tempat wisata. Di sisi lain banyak warga yang mengisi liburan dengan datang ke tempat wisata   Pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan pengelola tempat wisata baik di desa wisata atau lainnya. “Kami akan membangun pariwisata di Kabupaten Blitar dengan manegemen modern yang berbasis IT,” harapnya. 

(rt/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia