Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Reaksi KPU Kota Blitar Setelah Temukan Satu WNA Jepang Masuk DPT

14 Maret 2019, 22: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TERUNGKAP: KPU Kota Blitar menemukan satu warga negara asing (WNA) masuk DPT Pemilu 2019.

TERUNGKAP: KPU Kota Blitar menemukan satu warga negara asing (WNA) masuk DPT Pemilu 2019. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

KOTA BLITAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menemukan satu warga negara asing (WNA) masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. WNA yang masuk DPT itu diketahui merupakan warga asal Jepang.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan dan Data Choirul Umam mengatakan, WNA masuk DPT terungkap setelah KPU melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap DPT pemilu 2019. Selain itu, KPU juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar. "Setelah kami cek ditemukan satu nama masuk DPT. Namanya Juro Kogawa warga asal Jepang," katanya Kamis (14/3).

Umam menjelaskan, WNA tersebut tercatat di TPS 33 di wilayah Kelurahan/Kecamatan Sukorejo. WNA tersebut berusia 72 tahun yang selama ini tinggal di Kelurahan/Kecamatan Sukorejo. "Dia (WNA) itu masuk ke DPT sebagai pemula dan juga mengantongi KTP elektronik," katanya.

Masuknya WNA tersebut ke DPT Pemilu 2019, jelas dia, bukan karena kesengajaan. Melainkan karena kendala petugas di lapangan ketika melakukan coklit data pemilih. Saat coklit yang dibutuhkan petugas itu hanya nama dan NIK calon pemilih. "Jadi kami tidak begitu fokus soal status kewarganegaraanya. Apalagi, bentuk KTP-elektronik WNA dan KTP WNI sama. Kami tidak bisa membedakan kecuali dari status kewarnageraannya itu," terang pria ramah ini.

(rt/abd/kan/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia