Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Ada Beberapa Kebiasaan Buruk Anak Menjadi Penyebab Karies Gigi

15 Maret 2019, 04: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

RUTIN PERIKSA: Seorang pasien anak ketika melakukan perawatan gigi.

RUTIN PERIKSA: Seorang pasien anak ketika melakukan perawatan gigi. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RADARTULUNGAGUNG.ID)

TULUNGGUNG- Kesehatan anak tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Selain berdampak pada estetika, juga pada kesehatan. Salah satu permasalahan gigi yang kerap diderita anak yakni karies gigi atau gigi berlubang.

Menurut dokter gigi Ulya Inayati, anak-anak yang memiliki kebiasaan suka menahan makanan di dalam mulut dan konsumsi permen yang berlebihan menjadi penyebab paling umum karies gigi pada anak. “Anak-anak kadang suka makan lama, diemut di mulut. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan ini dapat menjadi masalah gigi,” terangn wanita 33 tahun ini.

Kebiasaan lain yang dapat membuat karies gigi adalah meminum susu dari dot.  Pada umumnya, orang tua akan membiarkan anak meminum susu dari botol dot. Padahal, kebiasaan ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi. Pasalnya, ketika menyusui melalui botol dot, mulut akan tertutup. Begitu pula dengan lidah. Gigi akan terendam oleh susu.

Tidak hanya itu, aliran saliva pada mulut akan berkurang sehingga tida ada cairan pembersih mulut. “Terkadang anak-anak suka meminum susu dari botol dot sampai ketiduran. Sisa-sisa susu yang masih di dalam mulut ini jika dibiarkan lama akan membentuk karies gigi secara bertahap,” jelasnya.

(rt/nda/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia