Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Penuturan dan Alasan Residivis Tega Curi Mobil Teman Saat Bertamu

15 Maret 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

TULUNGAGUNG- Dua kali meringkuk di jeruji besi, tidak membuat jera Riski Anggara, 25, warga Kota Surabaya. Residivis kasus pencurian dan kepemilikan senjata api (senpi) tersebut kembali diamankan anggota buru sergap (buser) Polres Tulungagung, Minggu (10/3) dini hari. Dia diduga mencuri mobil Honda Brio AG 1871 SK dan sebuah ponsel merek Samsung J5 warna emas milik temannya, Andrian Yulianto, 42, warga Desa Serut, Kecamatan Boyolangu.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar, melalui Kasubbag Humas AKP Sumaji mengatakan, pelaku nekat mencuri mobil tersebut lantaran ingin memilikinya. Rencananya, mobil dan ponsel tersebut akan dijual. Namun, rencananya tersebut tidak berjalan mulus lantaran tersangka keburu ditangkap.

Adapun modus yang digunakan, awalnya tersangka menghubungi korban melalui ponsel. Keduanya memang sempat berteman akrab sewaktu bersama-sama menghuni di Lapas Kelas IIB Tulungagung. Karena niat tersangka ingin bersilaturahmi, tanpa curiga, korban pun menjemputnya di Terminal Gayatri Tulungagung, Jumat (8/3) sekitar puluk 09.00 Wib. Setelah itu, tersangka juga sempat diajak mengelilingi Kota Tulungagung.

“Nah, pada malamnya, tersangka meminta korban untuk segera tidur. Lalu sekitar pukul 02.00 Wib, tersangka mengambil kunci mobil beserta STNK dan ponsel lalu membawa pergi mobil tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan catatan kepolisan, tersangka sempat dua kali masuk bui atas kasus pencurian HP di Surabaya dan kepemilikan senpi ilegal di wilayah Tulungagung.

Dia menambahkan, kini petugas masih melakukan penyidikan kasus tersebut. Pihaknya juga berupaya untuk mengorek keterangan dari tersangka apakah juga pernah melakukan tindakan melawan hukum di tempat lain.

Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

(rt/rak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia