Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Hingga Kini Aturan Jalur Zonasi dan Prestasi PPDB SMP Belum Jelas

15 Maret 2019, 19: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SERIUS: Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruang kelas SMPN 6 Tulungagung, Kamis (14/3).

SERIUS: Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruang kelas SMPN 6 Tulungagung, Kamis (14/3). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG - Seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) dibuka sekitar dua bulan lagi. Ada tiga jalur bisa diikuti siswa, yakni zonasi, prestasi, dan perpindahan orang tua. Namun hingga kini masih belum detail aturan tersebut.

Kepala Subbagian (Kasubbag) Program Perencanaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung Heri Purnomo menjelaskan, pada jalur zonasi harus diperjelas. Artinya, penerimaan sistem zonasi ini diukur berdasarkan wilayah tempat tinggal atau berdasar jarak terdekat tempat tinggal dengan sekolah. Rinciannya, jika berdasar wilayah, bisa jadi penerimaan siswa baru berdasar lingkup kecamatan. Sementara untuk jarak hanya diukur berdasar jauh dekat rumah dan sekolah tanpa melihat wilayah kecamatan. Berkaca dari seleksi PPDB tahun lalu, sistem zonasi berdasar pada koordinat jarak terdekat tempat tinggal dengan sekolah. “Tahun lalu mengabaikan kecamatan. Yang terpenting, koordinat rumahnya dengan sekolah sesuai persyaratan ya lolos,” jelasnya.

Tak hanya jalur zonasi, seleksi jalur prestasi pun harus diperjelas. Artinya, prestasi seperti apa yang menjadi syarat untuk PPDB 2019. Perlombaan tingkat kabupaten, provinsi, atau bahkan nasional. Mengenai penambahan kuota sistem zonasi, pria ramah ini mengaku menyambut baik kebijakan ini. Pasalnya, dengan demikian pandangan mengenai sekolah favorit akan luntur. Jadi pemerataan kualitas sekolah akan dapat terwujud. Namun di satu sisi, pelaksanaan teknis sistem ini harus diputuskan matang. Agar tidak menimbulkan kerugian, baik bagi siswa maupun sekolah.

(rt/dre/nda/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia