Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Langkah Ditempuh Dispendukcapil Agar Ribuan Lansia Miliki E-KTP

16 Maret 2019, 05: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Langkah Ditempuh Dispendukcapil Agar Ribuan Lansia Miliki E-KTP

BLITAR KABUPATEN - Warga atau calon pemilih diprediksi masih banyak yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 nanti. Pasalnya, sampai sekarang masih ribuan warga yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), terutama yang berusia lanjut (lansia).

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Anggo Takdir Hanudji mengatakan,  agar lansia tetap memiliki e-KTP, pihaknya melakukan berbagai cara. Salah satunya melakukan perekaman e-KTP dengan cara jemput bola. Artinya, petugas dispendukcapil mendatangi langsung alamat warga lansia yang belum memiliki e-KTP. “Lansia tidak usah mengurus e-KTP di kantor dispendukcapil. Kami yang langsung mendatangi mereka ke rumahnya,” jelasnya.

Pihaknya terpaksa melakukan jemput bola agar seluruh lansia yang ada di Kabupaten Blitar memiliki e-KTP. Dengan demikian, warga lansia bisa memiliki hak. Misalnya ketika mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun menggunakan hak pilih di pemilu. “Sangat disayangkan jika lansia tidak bisa mengambil bantuan hanya karena belum mendapatkan e-KTP. Sebab, mayoritas lansia di Kabupaten Blitar merupakan penerima program bantuan baik dari pemerintah maupun swasta,” ujarnya. 

(rt/sai/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia