Senin, 26 Aug 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Ini Daftar Empat Desa di Dua Kecamatan Diterjang Longsor dan Dampaknya

18 Maret 2019, 01: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

HARUS SIAGA : Bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Panggul dan Dongko, akibat hujan lebat.

HARUS SIAGA : Bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Panggul dan Dongko, akibat hujan lebat. (BPBD FOR RADAR TULUNGAGUNG.iD)

 TRENGGALEK- Bencana tanah longsor kembali melanda beberapa wilayah di Kota Keripik Tempe. Diduga, musibah tersebut akibat hujan deras yang mengguyur dan menyebabkan tanah longsor diberbagai wilayah.

Dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) sedikitnya ada empat desa di dua kecamatan yang terjadi bencana tanah longsor akibat hujan mengguyur Sabtu (16/3) hingga pukul 17.00. Terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Panggul yang meliputi Desa Depok, Tangkil, dan Kertosono, serta Kecamatan Dongko, di Desa Siki. "Rata-rata bencana tersebut terjadi atau diketahui sekitar pukul 04.30 tadi (Minggu,Red)," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Djoko Rusianto. 

Dia melanjutkan, untuk wilayah Kecamatan Panggul sendiri, longsor tersebut merusak satu rumah, dan satu rumah lain hanya menimpa tembok saja. Seperti Desa Depok, membuat dinding kamar rumah milik Jemani, 55 jebol, serta menimpa dinding rumah Jaiman, 50. Desa Tangkil mengakibatkan tertutupnya jalan desa di Dusun Belangan, serta di Desa Kertosono longsor menutup jalan akses menuju Desa Depok."Setelah mengetahui hal tersebut petugas kami langsung menuju lokasi, untuk melakukan pengecekan guna tindakan kegawatdaruratan," katanya.

Sedangkan untuk wilayah Desa Siki, Kecamatan Dongko, semula berdasarkan laporan warga, material longsor berupa tanah lumpur dan batu kerikil menutup akses jalan menuju Desa Joho, Kecamatan Pule. Dari situ membuat enam RT setempat terosilir sementara waktu, sehingga membuat masyarakat yang ingin menuju daerah tersebut dan sebaliknya harus memilih jalur alternatif memutar melalui Dusun Senuli, di desa bersangkutan."Laporan awal yang ada pada kami seperti itu, namun setelah dilakukan pengecekan kembali ternyata material longsor juga menimpa rumah milik Kadiyah," terusnya.

(rt/zak/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia