Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Ada Kendala Proses Evakuasi Warga Terdampak Tanah Gerak dan Tak Mudah

18 Maret 2019, 02: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MENGUNGSI: Rumah Mujinah, warga Dusun Purwodadi, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, yang rusak akibat tanah retak.

MENGUNGSI: Rumah Mujinah, warga Dusun Purwodadi, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, yang rusak akibat tanah retak. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TULUNGAGUNG.ID)

 TULUNGAGUNG- Adanya peristiwa tanah gerak yang merusak puluhan rumah warga Dusun Purwodadi, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, membuat pemkab harus segera mengambil kebijakan.

Kendati demikian, pemkab belum menjamin usulan untuk mentransmigrasikan warga terdampak segera terealisasi. Mengingat semua memerlukan sosialisasi secara masif agar tidak ada kesalahpahaman.

Terkait proses evakuasi,  Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan. Bahkan, selain itu, bisa juga dengan menawarkan program transmigrasi kepada mereka, meskipun kini masih ditolak warga. “Untuk pengamanan memang harus dievakuasi. Yang penting warga harus aman dari kejadian yang tidak diinginkan akibat tanah gerak,” tuturnya.

Sekadar mengingatkan, tanah retak di Dusun Purwodadi, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, membuat puluhan rumah milik warga rusak parah dan tidak bisa dihuni. Hujan terus mengguyur kawasan tersebut sebagai pemicu musibah.

(rt/rak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia