Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Peran Asam Folat dan Zat Besi untuk Bumil dan Pertumbuhan Janin

18 Maret 2019, 06: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

 TULUNGAGUNG- Asupan gizi menjadi faktor paling penting bagi ibu hamil (bumil). Nutrisi yang cukup dapat berpengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Pada masa kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon. Untuk itu, asupan gizi akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Menurut dr Onni Dwi Arianto, SpOG menuturkan, selain kalsium, asam folat juga penting bagi ibu hamil. Pasalnya, asam folat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Kandungan asam folat dapat diperoleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, serta aneka buah seperti tomat dan mangga. “Yang dikhawatirkan dalam persalinan adalah bayi lahir cacat. Untuk itu, sebisa mungkin mencegahnya dengan konsumsi makanan bergizi,” jelasnya.

Yang tak kalah penting adalah asupan zat besi. Sebab, zat besi membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Zat besi baik untuk ibu hamil, lantaran dapat meningkatkan hemoglobin sel darah merah.

Menurut Onni, rata-rata ketika hamil wanita mengalami penurunan hemoglobin. Ketika hamil, volume darah akan menjadi lebih besar dua hingga tiga kali lipat. Jadi, ibu rentan kekurangan darah. “Kalau kekurangan darah, ciri-cirinya si ibu pucat dan lemas. Jadi penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Seperti daging merah tanpa lemak, ayam, ikan, kacang merah, dan aneka sayur,” ujarnya.

Zat besi yang cukup dapat mencegah ibu dari anemia dan dapat mencegah bayi lahir prematur serta berat badan lahir rendah (BBLR). Zat besi juga penting untuk pertumbuhan otak bayi.

(rt/nda/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia