Senin, 21 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Dessert Tiramisu : Sensasi Disantap Dingin, Rasa Manis Pahit Menyatu

18 Maret 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LUMER : Tiramisu dengan topping oreo bisa jadi dessert yang manis

LUMER : Tiramisu dengan topping oreo bisa jadi dessert yang manis (SITI NURUL LAILIL N, LELA WIDYA KUSUMA FOR RATU)

Rasanya nggak lengkap kalau makan tanpa ada makanan penutup. Ya, makanan penutup atau dessert identik dengan makanan ringan yang manis. Nah, ada berbagai macam dessert yang sering dipilih untuk disajikan. Mulai buah, cake manis, hingga es krim, dan banyak lagi makanan yang kerap dijadikan dessert.

Tapi ada salah satu dessert asal Italia yang selalu bikin merem melek saat masuk ke dalam mulut. Karenanya, tiramisu tak pernah kehabisan penggemar. Dessert yang terdiri atas lapisan biskuit, krim, aroma wangi kopi kental, serta taburan cokelat memang bisa menggoyang lidah.

Lela Widya Kusuma, pelaku usaha kuliner Tiramisu mengatakan, tiramisu berasal dari kata “tirami su” dalam bahasa Italia berarti 'pull me up'. Dalam pembuatannya, tiramisu ini tidak dipanggang dan tidak dikukus seperti kue-kue lainnya.

Bahan dasarnya berupa biskuit yang sebelunya direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Dari rasa kopi, cokelat dan gurihnya keju membuat tiramisu ini disukai semua kalangan. "Sensasi manis-pahit yang lezat membuat seseorang yang memakannya ketagihan. Bahkan, dalam perkembangannya sekarang, tiramisu bisa diberi topping seperti green tea, oreo, dan lainnya. Jadi tidak monoton cokelat bubuk ya," katanya.

Karena teksturnya yang basah dan beraroma kopi kuat, tiramisu sering kali disajikan di dalam gelas mungil agar bentuknya tetap rapi. Namun lebih otentik jika dibuat dalam wadah dan dipotong layaknya kue. "Kebanyakan tiramisu disajikan dalam cup. Sebab, lebih praktis, bisa dibawa dan dimakan di mana saja," kata wanita yang beralamat di Jalan W.R Supratman Gang 1, Kecamatan Tulungagung ini.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia