Selasa, 22 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Begini Cara Pembuatan Dessert Tiramisu

Dessert Asal Italia yang Bikin Merem Melek

18 Maret 2019, 14: 35: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LEZAT : Tiramisu dengan topping keju banyak dipesan

LEZAT : Tiramisu dengan topping keju banyak dipesan (SITI NURUL LAILIL N, LELA WIDYA KUSUMA FOR RATU)

Salah satu dessert asal Italia yang selalu bikin merem melek saat masuk ke dalam mulut adalah Tiramisu. Karenanya, tiramisu tak pernah kehabisan penggemar. Lela Widya Kusuma, pelaku usaha kuliner Tiramisu menjelaskan cara pembuatannya. Terlebih dahulu siapkan bahan seperti keju mascarphone, whipped cream, gula bubuk, essence vanili, telur, kastor dan cokelat bubuk, serta kopi instan. Untuk pembuatannya, adonan pertama kuning telur dan gula kocok hingga kental. Setelah itu, buat adonan kedua, yakni keju mascarphone dikocok dengan gula sampai lembut. Adonan tiga, tuang whipped cream dan kocok dengan air dingin hingga tercampur rata. Setelah tiga adonan selesai, dilanjutkan dengan mencampur semua adonan. Dengan tahap adonan keju mascarpone yang sudah dikocok, sebelumnya diaduk dengan whipped cream. Setelah rata, tuangkan pula kocokan kuning telur yang pertama lalu aduk hingga benar rata-rata.

"Dalam tahap mencampur semua, jangan menggunakan mixer. Tapi pakai spatula agar tak mengubah tekstur," jelas owner Ily Dessert ini.

Kemudian, seduh kopi di mangkuk. Patahkan biskuit satu persatu ke dalam kopi yang sudah dingin. Atur susunan sebagai berikut dalam gelas puding yang cantik. Pertama, cream cheese yang sudah dibuat, lalu dilanjut dengan biskuit dan oreo di atasnya. Next, susun lagi di atasnya dengan krim keju. Lalu tabur dengan cocoa powder atau cokelat bubuk dan diulang sampai tempatnya atau gelas penuh. "Jika sudah selesai, masukkan tiramisu dalam freezer. Tunggu hingga dingin dan sajikan," tambahnya

Lela mengatakan, tiramisu ini memiliki perpaduan tekstur yang lembut ditambah rasa kopi dan keju yang kuat. Apalagi ditambah dengan cokelat memberikan keistimewaan tersendiri ketika disantap. Tiramisu ini sering kali disajikan ketika dingin. Sehingga ketika disantap, terasa lebih lumer. Tak ayal, penikmat kuliner akan ketagihan dengan rasanya. "Kalau menurut saya, cara menikmati makanan ini lebih seru lagi ketika benar masih dingin atau baru keluar dari kulkas. Sensasi rasa yang manis pahit, lumer, dan pastinya nyess ketika sendokan pertama," sarannya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia