Senin, 21 Oct 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Dinkes Terus Sosialisasikan GERMAS

19 Maret 2019, 09: 00: 35 WIB | editor : Retta wulansari

SEHAT : Pegawai Dinkes Tulungagung saat senam peregangan setiap pukul 10.00 dan 14.00 selama 30 menit sebagai langkah sosialisasi GERMAS.

SEHAT : Pegawai Dinkes Tulungagung saat senam peregangan setiap pukul 10.00 dan 14.00 selama 30 menit sebagai langkah sosialisasi GERMAS. (DINKES TULUNGAGUNG FOR RATU)

TULUNGAGUNG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung terus mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Selain merupakan instruksi dari Kementerian Kesehatan, di Kota Marmer ini telah terbit Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kelompok Kerja Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Tulungagung.

Untuk diketahui GERMAS ini memiliki tujuan  utama menekan angka penyakit tidak menular (PTM) sehingga menurunkan pembiayaan jaminan kesehatan nasional (JKN). “Penyakit tidak menular yang dimaksud, gagal ginjal, stroke, dan lain-lain. Itu diharapakan bisa menurun jika menerapkan pola hidup sehat,” ungkap Kepala Dinkes Tulungagung M Mastur, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lis Wulandari, Minggu (17/3).

Di antaranya langkah Dinkes Tulungagung untuk mensosialisasikan GERMAS, menggelar senam peregangan setiap pukul 10.00 dan 14.00 di dinkes selama 30 menit. Tujuannya,  peregangan otot dan menurunkan aktivitas fisik saat bekerja.

Selain itu, telah mengimbau kepada seluruh  organisasi perangkat daerah (OPD) setiap ada pertemuan minimal ada buah dan sayur. Artinya, cukup buah maupun sayuran lokal dan musiman. Dengan begitu bisa memenuhi kebutuhan gizi. “Launching GERMAS sudah tahun lalu di Gor Lembu Peteng diikuti ribuan peserta senam. Tahun ini terus kita (dinkes,Red) tindak lanjuti,” ungkap wanita ramah tersebut.

Dia menambahkan, dengan GERMAS ini diharapkan meningkatkan peran partisipasi masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Dinkes Tulungagung Terus Sosialisasikan GERMAS (DINKES TULUNGAGUNG FOR RATU)

(rt/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia