Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Wabup Pimpin HUT Satpol PP, Linmas serta Damkar

Apresiasi Kerja Keras Tegakkan Perda

19 Maret 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

JAGA KETERTIBAN: Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo memberikan tumpeng kepada Kepala Satpol PP Suyanto, Senin (18/3).

JAGA KETERTIBAN: Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo memberikan tumpeng kepada Kepala Satpol PP Suyanto, Senin (18/3). (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Seluruh anggota Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, mengikuti upacara di Alun-alun Kanigoro, Senin (18/3). Kali ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 69, Linmas ke 57 dan Damkar ke 100.

Upacara dipimpin langsung Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo. Kegiatan juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Blitar.

Upacara meperingati HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar tahun ini terasa berbeda. Pasalnya tahun ini bersamaan dengan tahun politik.  Di mana pada 17 April mendatang akan diselenggarakan  Pemilu Serentak tahun 2019.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Marhaenis UW mengapresiasi kepada jajaran Pemadam kebakaran, Satpol PP, dan Satlinmas. “Pengabdian dan pengorbanannya telah terbukti nyata. Selama 24 jam dalam sehari dan tujuh hari dalam seminggu, para personel Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tanpa henti menjalankan tugas mulianya,” ungkapnya.

Orang nomor dua di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar ini minta agar ada peningkatan ketentraman, ketertiban umum. Selain itu juga perlindungan  masyarakat melalui optimali- sasi peran pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas, guna mensukseskan pemilu Serentak tahun 2019. “Hal ini senada dengan Tema HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tahun ini,” ujarnya.

Menurut dia, tugas ketiga instansi ini (Satpol PP, Damkar dan Linmas) sangat berat. Hal ini terbukti dengan luasnya cakupan kerja pemadam kebakaran, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Pantang pulang sebelum padam harus tetap jadi motto yang menjadi motivasi utama,” katanya.

Sedangkan Satpol PP, menurut  dia, para praja wibawa juga harus bekerja keras dalam meningkatkan kompetensi dalam rangka menegakan peraturan daerah (Perda). Begitu pula dengan satlinmas, di wilayah yang memiliki kerawanan bencana yang tergolong tinggi diperlukan Satlinmas yang kuat, tanggap dan tangguh. “Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Satlinmas harus terus memperkuat diri. Ini demi meningkatkan kapasitas demi Kabupaten Blitar yang lebih sejahtera maju dan berdaya saing,” harapnya.

Setelah upacara, kegiatan peringatan HUT Satpol PP, Damkar dan Linmas ditutup dengan tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup Marhaenis UW yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Suyanto. “Yang pasti Pemkab Blitar akan tetap memberikan pengarahan dan pemantauan kepada ketiga lembaga ini agar bisa bekerja semaksimal mungkin,” imbuhnya.

(rt/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia